Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Nias Selatan Landa Permukiman di Kawasan Rawan Bencana dan Tsunami

Kompas.com - 14/03/2022, 17:38 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyampaikan bahwa gempa bumi M 6,9 yang mengguncang Pantai Selatan Nias Selatan terjadi di Kawasan Rawan Bencana (KRB).

Sebagai informasi, gempa tektonik bermagnitudo M 6,9 mengguncang wilayah Pantai Selatan Nias Selatan, Sumatera Utara pada pukul 04.09 WIB, Senin (14/3/2022).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 6,7 dan sudah terjadi 6 kali gempa susulan dengan magnitudo tertinggi M 6,0.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi mengatakan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,71° LS ; 98,50° BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 6 kilometer arah Selatan Hibala, Nias Selatan, Sumatera Utara pada kedalaman 25 kilometer.

Sementara itu, menurut informasi dari The United States Geological Survey (ESGS) Amerika Serikat, lokasi pusat gempa bumi terletak pada koordinat 98,613 BT dan 0,658 LS dengan magnitudo (M 6,7) pada kedalaman 21,8 kilometer.

Sedangkan, data GeoForschungsZentrum (GFZ), Jerman, lokasi pusat gempa bumi berada pada koordinat 98,62 BT dan 0,59 LS, dengan magnitudo (M 6,7) pada kedalaman 19 kilometer.

Baca juga: Gempa Hari Ini Guncang Nias, Ini 16 Sejarah Gempa Merusak di Sumatera yang Terjadi sejak 1797

Bambang menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi di Nias Selatan yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," kata dia.

Kendati berpusat di laut, hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami tetapi dirasakan di sejumlah daerah dengan skala intensitas getaran yang bervariasi.

Gempa Nias di permukiman di Kawasan Rawan Bencana

Berdasarkan catatan BMKG, gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Padang, Siberut, Nias Selatan, Gunungsitoli dengan skala intensitas IV MMI, di mana bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Selanjutnya, daerah Padang Panjang, Bukittinggi, Pasaman Barat, Tuapejat, Pariaman juga merasakan getaran akibat dari guncangan gempa bumi ini dengan skala intensitas III MMI. Pada skala intensitas III MMI, umumnya getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Selain itu, daerah Dhamasraya, Payakumbuh, Kerinci, Tapanuli Selatan, Pesisir Selatan, Batusangkar, Padang Pariaman, Solok merasakan akibat guncangan gempa bumi dengan skala intensitas II MMI, yakni situasi di mana getaran gempa Nias Selatan dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Baca juga: Gempa Terkini M 6,9 Guncang Pantai Nias Selatan, 4 Kali Susulan Terasa hingga Padang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com