Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Belajar dari Bintang Film Avengers: Endgame William Hurt, Ini Cara Mencegah Kanker Prostat

KOMPAS.com - Kabar duka datang dari dunia Hollywood, aktor William Hurt meninggal dunia pada Minggu (13/3/2022), kemarin.

Aktor dalam film populer seperti Captain America: Civil War, Avengers: Infinity War, Avengers: Endgame, dan Black Widow ini sempat mengalami kanker prostat terminal pada tahun 2018.

Sebagai informasi, kanker stadium terminal adalah tingkat paling parah dari penyakit kanker yang sudah tidak bisa diobati hingga sembuh.

“Dia (William Hurt) meninggal dengan damai, di antara keluarga, karena penyebab (kematian) alami. Keluarga meminta privasi saat ini," ujar perwakilan keluarga dilansir dari Independent, Senin (14/3/2022).

Kanker prostat adalah salah satu kanker paling umum yang biasanya dialami oleh pria.

Menurut American Cancer Society (ACS) kanker prostat menjadi penyebab kematian kedua, setelah kanker paru-paru di antara pria di Amerika Serikat.

Kendati kanker prostat yang dialami William Hurt tidak dapat dicegah, terdapat beberapa cara untuk menurunkan risiko terkena kanker prostat. Salah satunya adalah memperbaiki gaya hidup agar lebih sehat.

Berikut adalah cara mencegah kanker prostat dengan menurunkan risikonya.

1. Berolahraga secara rutin

Rutin berolahraga bukan hanya menyehatkan, tetapi dapat membantu menurunkan berat badan lantaran obesitas menjadi salah satu faktor risiko terjadinya kanker prostat.

Anda dapat melakukan olahraga setiap harinya, mulailah aktivitas ini secara perlahan dan tingkatkan durasi olahraga seiring berjalannya waktu.

2. Konsumsi makanan yang sehat

Dilansir dari Mayo Clinic, Jumat (4/6/2021) Anda dapat mengonsumsi makanan yang sehat berupa sayur, buah, dan biji-bijan dalam menu diet sehari-hari.

Sebab, buah serta sayuran terbukti mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang penting bagi kesehatan Anda.

Perlu diketahui, saat ini belum ada studi yang menunjukkan kanker prostat bisa dicegah dengan diet.

Akan tetapi, makan makanan yang sehat dengan berbagai buah, sayur, maupun biji-bijian dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, Anda juga harus mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral.

3. Pertahankan berat badan yang sehat

Selanjutnya, pertahankan berat badan yang sehat dengan memilih pola makan dan berolahraga secara rutin.

Apabila Anda perlu menurunkan berat badan, lakukan lebih banyak olahraga serta kurangi jumlah kalori yang dimakan setiap hari.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk merencanakan program penurunan berat badan yang sehat.

4. Konsultasi dengan ahli

Selain melakukan berbagai upaya untuk menurunkan risiko kanker prostat, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Oleh karenanya, bila Anda khawatir tentang risiko terkena kanker prostat, bicarakan dengan dokter sesegera mungkin.

5. Berhenti merokok

Berdasarkan laporan ACS, seperti dilansir dari Healthline Rabu (2/2/2022) beberapa penelitian belum menemukan hubungan antara merokok dengan kanker prostat.

Namun, sebuah studi tahun 2011 di JAMA menemukan bahwa mereka yang merokok pada saat diagnosis kanker prostat lebih mungkin mengalami kekambuhan.

Selain itu, menurut studi tahun 2019 yang dipublikasikan di Nature menunjukkan pasien kanker prostat yang merokok telah dikatkan dengan risiko kematian yang lebih tinggi karena kanker prostat ataupun penyebab lainnya.

Kedua penelitian tersebut mencatat, orang yang telah berhenti merokok sebelum didiagnosis kanker prostat memiliki risiko kematian yang jauh lebih rendah.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/03/14/190100723/belajar-dari-bintang-film-avengers--endgame-william-hurt-ini-cara-mencegah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke