Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 29/10/2022, 11:11 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Letak geografis adalah letak suatu daerah atau wilayah terhadap posisinya di Bumi dibandingkan dengan posisi daerah atau wilayah lainnya.

Posisi ini juga berkaitan dengan batasan-batasan yang mengelilingi suatu daerah atau wilayah.

Letak geografis Indonesia

Ilustrasi peta Indonesia. Diperingati setiap tahun, berikut adalah daftar hari jadi dari 37 provinsi Indonesia lengkap dari Aceh hingga provinsi baru di Papua.SHUTTERSTOCK/HYOTOGRAPHICS Ilustrasi peta Indonesia. Diperingati setiap tahun, berikut adalah daftar hari jadi dari 37 provinsi Indonesia lengkap dari Aceh hingga provinsi baru di Papua.

Letak geografis Indonesia terletak di antara dua samudera dan dua benua. Dua samudera ini adalah Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Sementara itu, dua benua adalah Benua Asia dan Benua Australia.

Berikut adalah penjelasan secara detail:

  • Bagian barat: berbatasan dengan Samudera Hindia
  • Bagian timur: berbatasan dengan Samudera Pasifik
  • Bagian tenggara: berbatasan dengan Benua Australia
  • Bagian barat laut: berbatasan dengan Benua Asia

Baca juga: Keuntungan Letak Negara Indonesia secara Geologis

Pengaruh letak geografis

Ilustrasi musim hujan yang dipengaruhi La Nina. BMKG merilisi anomali iklim La Nina sedang berkembang di Samudera Pasifik, dampak La Nina bagi Indonesia dapat menyebabkan cuaca ekstrem dengan curah hujan yang tinggi, serta berakibat pada bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.SHUTTERSTOCK/CHOKCHAI POOMICHAIYA Ilustrasi musim hujan yang dipengaruhi La Nina. BMKG merilisi anomali iklim La Nina sedang berkembang di Samudera Pasifik, dampak La Nina bagi Indonesia dapat menyebabkan cuaca ekstrem dengan curah hujan yang tinggi, serta berakibat pada bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

Letak geografis suatu wilayah akan memberikan pengaruh tertentu terhadap wilayah tersebut. Berikut adalah pengaruh letak geografis Indonesia:

1. Perubahan musim

Indonesia memiliki dua musim yang bereda, yaitu musim hujan dan musim panas. Ini merupakan pengaruh dari angin muson yang bergantian berembus dari arah Asia atau Australia.

2. Keuntungan dalam aktivitas perdagangan

Letak Indonesia yang berada di dua benua dan dua samudera membuat Indonesia terletak di jalur perdagangan internasional melalui jalur laut dan udara. Hal ini membuat Indonesia mengalami perkembangan ekonomi, terutama pada daerah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Zona ini merupakan zona pelayaran internasional sebagai jalur perhubungan laut.

3. Sosial budaya penduduk yang beragam

Letak geografis Indonesia menyebabkan Indonesia memiliki berbagai sosial budaya, terutama dari Benua Asia.

Walaupun ada banyak keuntungan yang diperoleh, namun juga terdapat kerugian akibat letak geografis Indonesia yang spesial ini.

Sebagai contoh, dikarenakan lokasinya yang strategis, Indonesia juga kerap dijadikan tempat penyelundupan keluar masuknya barang dari dan keluar Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com