Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Terkini M 5,1 Guncang Pantai Barat Sumatera, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 26/02/2022, 10:30 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Gempa tektonik bermagnitudo M 5,1 mengguncang wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera, Bengkulu Utara, Bengkulu. Berdasarkan informasi gempa terkini, gempa bumi tersebut terjadi pada pukul 06.58 WIB, Sabtu (26/2/2022).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5.0.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi mengatakan, episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 4,93° LS ; 101,69° BT.

Lokasi tepatnya berada di di laut pada jarak 79 kilometer arah Barat Laut Enggano, Bengkulu Utara, Bengkulu pada kedalaman 30 kilometer.

Bambang menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," kata Bambang.

Baca juga: Gempa Terkini M 6,1 Guncang Halmahera, Tak Berpotensi Tsunami

Kendati lokasi pusat gempa Bengkulu ini berada di laut, namun hasil pemodelan BMKG gempa yang mengguncang Pantai Barat Sumatera ini tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Akan tetapi, diketahui bahwa gempa hari ini berdampak dan dirasakan di daerah Bengkulu dengan skala intensitas II-III MMI, di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Sementara itu, hasil monitoring BMKG hingga pukul 07.30 WIB, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Upayakan agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Terkait gempa guncang Pantai Barat Sumatera ini, masyarakat juga diimbau untuk memeriksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Baca juga: Gempa Terkini: M 5,9 Guncang Laut Seram Maluku Tengah Sudah 3 Kali Gempa Susulan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com