Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keuntungan Letak Negara Indonesia secara Geologis

Kompas.com - 17/12/2021, 13:02 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Letak geografis adalah letak suatu daerah dilihat dari posisi litosfernya, khususnya yang berkaitan dengan gejala pergerakan kulit Bumi dan gejala kegunungapian. Letak geologis memberikan keuntungan tersendiri bagi suatu wilayah, termasuk Indonesia.

Letak negara Indonesia secara geologis

Letak Indonesia secara geologis terbagi menjadi dua aspek.

1. Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng dunia

Indonesia terletak pada tiga lempeng tektonik besar dunia, yaitu Lempeng Pasifik, Indo-Australis, dan Lempeng Eurasia. Ketiga lempeng tersebut bergerak dan berisiko menimbulkan berbagai gejala alam.

Lempeng Eurasia relatif hanya sedikit bergerak. Sedangkan dua lempeng lainnya bergerak secara aktif. Lempeng Indo-Australia bergerak ke arah utara menekan Lempeng Eurasia. Lempeng Pasifik bergerak menekan Lempeng Eurasia ke arah timur.

Pergerakan ini membuat berbagai gejala alam seperti palung laut, gunung api, dan gempa bumi.

2. Indonesia terletak pada pertemuan dua pegunungan muda

Terdapat dua pegunungan muda dunia, yaitu Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik. Sirkum Mediterania dimulai di Afrika Utara, sedangkan Sirkum Pasifik dimulai dari Amerika Selatan. Keduanya bertemu di Asia Tenggara, tepatnya di wilayah Indonesia.

Baca juga: Benua Amerika, Pembagian Wilayah, Letak, dan Perbatasannya

Apa keuntungan letak negara Indonesia secara geologis?

Kedua letak geologis negara Indonesia di atas menyebabkan Indonesia memiliki banyak gunung api aktif. Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung api atau setara dengan 30 persen dari seluruh gunung api di dunia. Sebanyak 128 gunung api masih bersatus aktif.

Kondisi ini membuat Indonesia mendapat keuntungan sebagai berikut:

  • Material vulkanis dari letusan gunung api akan menghasilkan tanah yang subur. Ini merupakan keuntungan bagi industri pertanian.
  • Pembekuan magma di bawah permukaan Bumi membentuk berbagai logam dan mineral, seperti emas, perak, tembaga, dan platina. Hal ini membuat Indonesia memiliki potensi barang tambang yang melimpah.
  • Magma yang meresap pada lapisan batuan dan menyentuh fosil tumbuhan akan membuat fosil tersebut menjadi batuan metamorf. Batuan tersebut adalah batu bara. Batu bara merupakan salah satu hasil tambang Indonesia yang menjadi sumber energi yang banyak dipakai di seluruh dunia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com