Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Vaksin Booster

Kompas.com - 18/02/2022, 12:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia mulai menerima vaksin booster. Banyak yang merasakan berbagai efek samping dari vaksin booster. Untuk mengantisipasi timbulnya efek samping vaksin booster, Anda perlu tahu beberapa tips yang perlu Anda persiapkan sebelum vaksin booster.

1. Mengalokasikan waktu

Anda perlu mengalokasikan waktu untuk vaksin, bukan hanya untuk menerima suntikan, namun juga untuk pemulihan. Sebaiknya Anda mengosongkan jadwal Anda setelah vaksin dan tidak melakukan kegiatan berat setidaknya 2 sampai 3 hari setelah vaksin. Hal ini bertujuan untuk memastikan tubuh Anda merespons dengan baik vaksin booster.

2. Makan bergizi dan banyak minum

Sebelum berangkat ke tempat vaksin, pastikan Anda sudah makan dan mengonsumsi makanan bergizi. Anda juga harus meminum air yang cukup. Kedua hal ini penting karena bisa mencegah Anda merasa pusing karena cemas ketika akan menerima vaksin booster.

3. Hindari olahraga berat sebelum vaksin

Olahraga memang baik untuk kesehatan. Namun, sebelum vaksin, sebaiknya Anda hanya melakukan olahraga ringan saja. Olahraga ringan akan membantu tubuh Anda tetap bugar dan rileks sebelum disuntik.

4. Tidur cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu tubuh Anda tetap fit pada hari menerima vaksin. Tidurlah 6 sampai 8 jam ideal untuk mempersiapkan tubuh Anda menerima vaksin.

Baca juga: Ini Daftar Vaksin Booster Sesuai Vaksin Primer yang Dipakai di Indonesia

5. Jangan menerima vaksin lain

Pastikan Anda tidak menerima vaksin lain, setidaknya 14 hari sebelum menerima vaksin booster. Tujuannya adalah untuk meminimalisir efek samping yang muncul dan supaya vaksin bisa bekerja dengan optimal.

Namun, ada pengecualian untuk vaksin flu. Dilansir dari National Health Service (NHS), vaksin flu tahunan boleh disuntikan bersamaan dengan vaksin flu.

6. Siapkan obat pereda nyeri

Anda boleh menyiapkan obat pereda nyeri atau penurun demam sebagai langkah antisipasi. Tapi jangan meminum obatnya sebelum vaksin karena bisa menurunkan efektivitas vaksin itu sendiri.

7. Siapkan makanan bergizi untuk pemulihan setelah vaksin

Jika Anda memasak sendiri makanan Anda, Anda bisa menyiapkannya sebelum berangkat vaksin. Siapkan masakan yang ringan dan nyaman dikonsumsi, seperti sup ayam. Selain itu siapkan pula buah-buahan dan makanan bergizi lainnya. Setelah pulang vaksin, fokuslah untuk beristirahat.

Dengan menerapkan tips di atas, Anda bisa meminimalisir efek samping vaksin booster yang mungkin muncul. Semoga sehat selalu dan tetap jaga protokol kesehatan, ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com