Kompas.com - 29/01/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Jantung mempunyai fungsi utama memompa darah ke seluruh tubuh untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan membersihkan tubuh dari hasil metabolisme (karbondioksida).

Berkurangnya kemampuan jantung untuk memompa darah menyebabkan volume darah juga akan berkurang, sehingga jantung tidak mampu memenuhi kebutuhan oksigen tubuh. Kondisi ini disebut gagal jantung.

Gagal jantung merupakan penyakit progresif yang meningkatkan angka kematian dan rawat inap berulang.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Menurut WHO

Ketua Kelompok Kerja Gagal Jantung Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) dr Siti Elkana Nauli SpKP(K), FIHA, FAsCC, FHFA mengatakan, berkurangnya kemampuan jantung untuk memompa darah, membuat darah tidak bisa mencapai organ-organ yang memerlukan dan menyebabkan keluhan cepat capek.

Adapun kapasitas jantung yang berkurang untuk menerima darah, menyebabkan penumpukan cairan-cairan di paru-paru, liver, perut, ginjal, hingga kaki.

“Berkurangnya kapasitas jantung untuk menerima darah menyebabkan penumpukan cairan atau peningkatan cairan di paru-paru, liver, ginjal, kalau sedemikian berat di kaki dan paha,” kata Nauli dalam webinar cara pencegahan dan pengendalian penyakit kardiovaskular, Sabtu (29/1/2022).

Perlu digarisbawahi, jika kondisi gagal jantung tidak ditangani secara cepat dan benar, maka dapat menimbulkan kematian.

Baca juga: Penyakit Jantung Koroner, dari Gejala, Siklus, hingga Penanganan Pertama

Bagaimana cara mencegah gagal jantung?

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah gagal jantung, seperti:

1. Mengubah pola hidup

Usahakan untuk melakukan pola hidup yang sehat, tak lepas dari waktu istirahat cukup.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.