Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS]: Aliando Syarief Mengalami OCD | Gejala Omicron pada Orang Dewasa | Spesies Monyet Langka di Myanmar

Kompas.com - 29/01/2022, 08:31 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Berita populer Sains sepanjang Jumat (28/1/2022) hingga Sabtu (29/1/2022), salah satunya datang dari Aliando Syarief yang mengungkapkan penyakit OCD yang dialaminya.

Baru-baru ini, Aliando mengabarkan bahwa dirinya didiagnosis terkena gangguan mental obsessive compulsive disorder (OCD).

Ada beberapa penyebab dan faktor risiko, orang mengidap penyakit gangguan mental, OCD, seperti yang dialami Aliando Syarief.

Selain berita tersebut, kabar terbaru seputar gejala Omicron pada orang dewasa. Sebab, kini, varian Omicron diperkirakan terus meningkatkan kasus Covid-19 di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Spesies monyet langka kembali muncul di pegunungan Myanmar, juga menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Jumat (28/1/2022).

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains, yang telah dirangkum sepanjang Jumat (28/1/2022) hingga Sabtu (29/1/2022) pagi.

Aliando Syarief mengaku mengalami OCD

Lama vakum dari dunia hiburan, Aliando Syarief mengungkapkan dirinya didiagnosis penyakit OCD.

Gangguan OCD membuat Aliando Syarief kesulitan untuk melakukan aktivitas. Diakuinya, untuk sekadar mandi saja membutuhkan perjuangan yang besar.

"Enggak bisa liburan, untuk mandi aja gue enggak bisa lho. Mandi itu susah, kayak mau jalan naik mobil atau ngambil barang itu sulit," kata Aliando dalam siaran langsung di akun Instagram-nya.

Apa itu OCD yang dialami Aliando Syarief?

Dilansir dari laman Psychiatry, Jumat (28/1/2022) penyakit OCD adalah penyakit gangguan mental yang menyebabkan seseorang memiliki pikiran, ide, atau sensasi berulang yang tidak diinginkan, hingga membuat mereka melakukan sesuatu secara berulang (kompulsif).

Penderita gangguan obsesif kompulsif biasanya melakukan suatu pekerjaan secara berulang, misalnya mencuci tangan, memeriksa barang-barang ataupun membersihkannya.

Kondisi OCD seperti yang dialami Aliando Syarief secara signifikan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari maupun interaksi sosial.

Tak hanya dialami Aliando Syarief, ternyata gangguan obsesif kompulsif pun dapat dialami siapa saja, sering kali terjadi pada remaja dan orang dewasa. Namun, OCD juga bisa dialami sejak masa kanak-kanak.

Selengkapnya, berita populer Sains tentang penyakit OCD yang dialami Aliando Syarief dapat dibaca di sini.

Baca juga: Aliando Syarief Mengaku Mengalami OCD, Kondisi Apa Itu?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com