Pengujian Perangkat Lunak Sukses, Misi Artemis 1 NASA Semakin Dekat dengan Bulan

Kompas.com - 26/01/2022, 18:45 WIB
NASA berhasil menguji perangkat lunak dalam misi Artemis 1 untuk ke Bulan. Frank Michaux/NASANASA berhasil menguji perangkat lunak dalam misi Artemis 1 untuk ke Bulan.

KOMPAS.com - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan, bahwa misi ke Bulan pertamanya untuk program Artemis sedang dalam tahap pengujian akhir.

NASA berhasil melakukan uji penghitungan mundur untuk peluncuran sesi kedua yang dilakukan pada Senin (24/1/2022) lalu.

"Pengujian tersebut mendemonstrasikan perangkat lunak peluncuran darat dan sequencer peluncuran darat, yang memeriksa kondisi dan status roket yang diletakkan di landasan," ujar NASA seperti dilansir dari Space, Rabu (26/1/2022).

Peneliti menambahkan, bahwa pengujian ini juga digunakan untuk memastikan Space Launch System (SLS), serta pesawat luar angkasa Orion agar sesuai dengan sequencer.

Baca juga: Karbon Purba Planet Mars Ditemukan Curiosity NASA, Seperti Apa?

"Penghitungan mundur peluncuran yang disimulasikan ini menguji respons dari kedua sistem dan memastikan sequencer beroperasi dengan benar," terang peneliti.

Mereka menjelaskan, misi Artemis 1 bertujuan untuk mengirim pesawat luar angkasa tanpa awak di sekitar Bulan menggunakan SLS.

Apabila misi Artemis 1 dan tugas pemrograman di masa depan berhasil, NASA merencanakan misi Artemis 2 berawak yang mengorbit di bulan di tahun 2024 mendatang.

Kemudian, melakukan pendaratan oleh astronaut untuk misi Artemis 3 pada tahun 2025 yang diikuti oleh misi berawak lainnya.

Sementara itu, pihaknya menuturkan masih banyak pekerjaan yang perlu dibenahi sebelum misi Artemis 1 memulai latihan peluncuran secara langsung di bulan Februari.

Baca juga: NASA Paparkan Tujuan Misi Astronot Artemis III ke Bulan 2024

Oleh karenanya, peneliti akan menjalankan semua operasi pra-peluncuran untuk memastikan sistem siap digunakan.

"Selanjutnya tim akan bekerja untuk menyelesaikan program akhir uji rekayasa khusus untuk misi Artemis 1," papar NASA.

"Tim akan terus melakukan pemeriksaan terakhir dan penutupan roket di Bulan sebagai persiapan untuk pengujian secara langsung di bulan depan," lanjutnya.

Semua pengujian ini, kata NASA dilakukan di dalam gedung Kennedy Space Center's Vehicle Assembly di Florida. Untuk diketahui, gedung tersebut merupakan bangunan yang sama di mana roket Apollo Saturn V diuji dan diproduksi sekitar tahun 1960-an.

Baca juga: Selain Wanita, NASA Bakal Kirim Manusia Lain ke Bulan di Misi Artemis

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Space
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.