Kompas.com - 19/01/2022, 16:45 WIB

KOMPAS.com - Pernah bertemu orang yang sering berbohong? Biasanya cerita yang dia sampaikan sangat detail, namun ternyata itu semua hanya merupakan bayangannya saja Bisa jadi orang tersebut adalah mythomania.

Apa itu mythomania?

Mythomania adalah kelainan psikologis yang menyebabkan perilaku berbohong secara terus-menerus dan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini berbeda dengan berbohong pada umumnya yang memiliki intensi khusus.

Orang yang terkena mythomania biasanya berbohong tanpa disertai intensi khusus untuk menyakiti perasaan seseorang, menutupi kesalahan, atau penyebab lainnya. Hingga saat ini, tidak diketahui dengan pasti penyebab orang terkena mythomania.

Kondisi ini ada kondisi patologis yang bisa memicu penyakit mental lainnya, seperti penyakit antisosial. Salah satu pemicu terjadinya kondisi ini adalah trauma pada kepala yang menyebabkan hormon kortisol pada otak tidak seimbang.

Baca juga: Kenapa Orang Memilih Politikus yang Jelas-jelas Tukang Bohong?

Bagaimana ciri mythomania?

Beberapa hal yang terjadi pada mythomania bisa menjadi pembeda antara mythomania dengan orang yang suka berbohong biasa (bukan penyakit). Berikut adalah ciri-ciri mythomania:

  • Kebohongan mereka tidak memiliki keuntungan khusus
  • Ceritanya biasanya dramatis, pelik, dan sangat detail
  • Biasanya mereka menjadi tokoh utama penyelamat atau korban dalam cerita
  • Mereka mempercayai bahwa cerita mereka benar-benar terjadi
  • Kebohongan disampaikan berkali-kali dan terus-menerus

Beberapa contoh kebohongan yang dilakukan oleh mythomania, antara lain:

  • Membuat cerita palsu bahwa mereka telah meraih sesuatu yang sebenarnya belum pernah mereka raih
  • Menyebutkan bahwa mereka memiliki penyakit mematikan, padahal tidak
  • Berbohong untuk memberi kesan pada orang lain, misalnya mereka berkerabat dengan publik figur.

Perawatan mythomania

Perilaku mythomania sangat sulit didiagnosis karena banyak penyebab yang bisa memicu perilaku ini. Namun, perilaku ini bisa disembuhkan. Perawatan mythomania tergantung apakah ini merupakan penyakit utama atau gejala dari penyakit mental lainnya.
Perawatan yang dilakukan umumnya adalah psikoterapi yang disertai medikasi berupa obat-obatan untu mencegah kecemasan atau depresi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.