Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Psikolog Klinis dan Perannya Terhadap Kesehatan Mental Masyarakat Indonesia

Kompas.com - 25/11/2021, 20:30 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Mungkin Anda pernah dan sering mendengar profesi psikolog klinis, tetapi tidak begitu mengetahui siapa mereka dan apa perannya untuk kesehatan jiwa atau kesehatan mental masyarakat.

Dalam rangka Kongres Nasional IV Ikatan Psikologi Klinis (IPK) Indonesia yang akan berlangsung pada 27-28 November 2021, tenaga kesehatan psikolog klinis pun menjawab peran mereka untuk kesehatan jiwa masyarakat Indonesia.

Apa itu psikolog klinis?

Psikolog klinis adalah setiap orang yang telah lulus pendidikan psikologi klinis sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan berhak memberikan pelayanan psikologi klinis kepada masyarakat.

Adapun, kualifikasi pendidikan Psikolog Klinis paling rendah adalah lulusan pendidikan program profesi psikologi klinis yaitu Sarjana (S1) Psikologi yang telah mengikuti pendidikan profesi psikologi dan telah dikukuhkan sebagai Psikolog Klinis oleh organisasi profesi, atau Magister (S2) Profesi Psikologi di Bidang Psikologi Klinis.

Baca juga: Ibu Trimah Mendadak Dititipkan ke Panti Jompo oleh Anaknya, Ini Saran Psikolog

 

Sementara, psikologi klinis adalah bidang ilmu psikologi yang bertujuan memahami, mencegah dan mengurangi ketidakmampuan, gangguan, ketidaknyamanan yang menimbulkan masalah psikologis dalam penyesuaian dan perkembangan pribadi manusia.

Untuk pelayanan psikologi klinis yang dimaksudkan adalah segala aktivitas pemberian jasa dan praktik psikologi klinis untuk menolong individu atau kelompok.

Biasanya bantuan pelayanan yang diberikan meliputi pemeriksaan dan intervensi psikologis untuk upaya promotif, preventif, kuratif, rehabilitasi maupun paliatif pada masalah psikologi klinis.

Oleh karena itu, Ketua Umum Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia. Dr Indria Laksmi Gamayanti, M.Si.,Psikolog mengatakan bahwa meskipun masih ada saja yang asing dengan psikolog klinis ini, tetapi peran psikolog klinis terhadap kesehatan mental masyarakat sangatlah penting.

Peran penting psikolog klinis

Gamayanti menjelaskan, psikolog klinis membahas berbagai kondisi internal dan eksternal dari manusia agar dapat mendukungnya untuk bertumbuh dan menghindar (terhindar) dari berbagai hal merugikan dalam kehidupan. 

Baca juga: Viral Dokter Campurkan Sperma ke Makanan Korban, Ini Kata Psikolog

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com