Isyana Sarasvati Akui Kecanduan Kopi sejak Kuliah, Ketahui 8 Manfaat Minum Kopi

Kompas.com - 18/01/2022, 18:03 WIB
Penyanyi Isyana Sarasvati IsyanaSarasvati/Instagram Penyanyi Isyana Sarasvati

KOMPAS.com - Penyanyi Isyana Sarasvati mengatakan bahwa dirinya tidak bisa berhenti meminum kopi setiap harinya. Hal ini, menurut dia dapat membantunya untuk tetap fokus saat mengerjakan tugasnya sejak kuliah.

"Pas kuliah itu memang kopi sangat membantu mahasiswa agar melek buat ngerjain tugas. Kayak ada yang kurang aja gitu kalau enggak ada kopi di sebelah aku kalau lagi ngerjain sesuatu," kata Isyana seperti dilansir dari Antara News, Senin (17/1/2022).

Hingga kini, Isyana mengaku masih terus mengonsumsi kopi terutama kopi susu sebelum melakukan aktivitasnya di pagi hari.

Mengutip laman John Hopkins Medicine, Selasa (18/1/2022) kopi mengandung banyak zat yang dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer maupun penyakit jantung.

Baca juga: Studi Baru: Rutin Minum Kopi dan Teh Turunkan Risiko Stroke dan Demensia

Selain kafein, pakar nutrisi dari Johns Hopkins University School of Medicine mengatakan bahwa kopi juga kaya akan antioksidan dan zat aktif lainnya yang dapat mengurangi peradangan internal dan melindungi dari berbagai penyakit.

Manfaat minum kopi

1. Minum kopi dapat mengurangi risiko diabetes

Menurut penelitian, orang yang rutin minum kopi cenderung tidak terkena diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan tubuh manusia dapat memproses glukosa atau gula dengan lebih baik saat rutin mengonsumsi kopi dalam jumlah yang tepat.

Studi tahun 2009 menunjukan, bahwa orang yang rutin minum kopi memiliki risiko 23 sampai 50 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

2. Mengurangi risiko gagal jantung

Minum satu hingga dua cangkir kopi per hari disebut dapat membantu meminimalkan potensi gagal jantung. Gagal jantung merupakan kondisi jantung yang lemah dan kesulitan untuk memompa cukup darah ke tubuh.

Dikatakan ahli, rutin minum kopi seperti yang dilakukan Isyana Sarasvati efektif untuk mencegah gagal jantung.

3. Menyehatkan organ hati

Kopi tanpa gula dan kopi tanpa kafein memiliki manfaat untuk melindungi organ hati manusia. Penelitian menunjukkan, bahwa peminum kopi cenderung memiliki kadar enzim hati dalam kisaran yang sehat dibandingkan mereka yang tidak atau jarang meminum kopi.

4. Kopi bisa mencegah penyakit Parkinson

Manfaat minum kopi selanjutnya adalah dapat mencegah seseorang terkena penyakit Parkinson.

Kafein dalam kopi tidak hanya terkait dengan kemungkinan lebih rendah terkena penyakit Parkinson, tetapi dapat membantu pasien dengan Parkinson untuk mengontrol gerakan mereka dengan lebih baik.

5. Khasiat kopi menurunkan risiko kanker usus besar

Berdasarkan data dari American Cancer Society, satu dari 23 wanita berpotensi mengembangkan kanker usus besar.

Namun, para peneliti menemukan bahwa peminum kopi tanpa kafein atau tanpa gula, 26 persen lebih kecil terkena kanker usus besar.

Baca juga: Adakah Waktu Terbaik untuk Minum Kopi?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.