Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isyana Sarasvati Akui Kecanduan Kopi sejak Kuliah, Ketahui 8 Manfaat Minum Kopi

Kompas.com - 18/01/2022, 18:03 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyanyi Isyana Sarasvati mengatakan bahwa dirinya tidak bisa berhenti meminum kopi setiap harinya. Hal ini, menurut dia dapat membantunya untuk tetap fokus saat mengerjakan tugasnya sejak kuliah.

"Pas kuliah itu memang kopi sangat membantu mahasiswa agar melek buat ngerjain tugas. Kayak ada yang kurang aja gitu kalau enggak ada kopi di sebelah aku kalau lagi ngerjain sesuatu," kata Isyana seperti dilansir dari Antara News, Senin (17/1/2022).

Hingga kini, Isyana mengaku masih terus mengonsumsi kopi terutama kopi susu sebelum melakukan aktivitasnya di pagi hari.

Mengutip laman John Hopkins Medicine, Selasa (18/1/2022) kopi mengandung banyak zat yang dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer maupun penyakit jantung.

Baca juga: Studi Baru: Rutin Minum Kopi dan Teh Turunkan Risiko Stroke dan Demensia

Selain kafein, pakar nutrisi dari Johns Hopkins University School of Medicine mengatakan bahwa kopi juga kaya akan antioksidan dan zat aktif lainnya yang dapat mengurangi peradangan internal dan melindungi dari berbagai penyakit.

Manfaat minum kopi

1. Minum kopi dapat mengurangi risiko diabetes

Menurut penelitian, orang yang rutin minum kopi cenderung tidak terkena diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan tubuh manusia dapat memproses glukosa atau gula dengan lebih baik saat rutin mengonsumsi kopi dalam jumlah yang tepat.

Studi tahun 2009 menunjukan, bahwa orang yang rutin minum kopi memiliki risiko 23 sampai 50 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

2. Mengurangi risiko gagal jantung

Minum satu hingga dua cangkir kopi per hari disebut dapat membantu meminimalkan potensi gagal jantung. Gagal jantung merupakan kondisi jantung yang lemah dan kesulitan untuk memompa cukup darah ke tubuh.

Dikatakan ahli, rutin minum kopi seperti yang dilakukan Isyana Sarasvati efektif untuk mencegah gagal jantung.

3. Menyehatkan organ hati

Kopi tanpa gula dan kopi tanpa kafein memiliki manfaat untuk melindungi organ hati manusia. Penelitian menunjukkan, bahwa peminum kopi cenderung memiliki kadar enzim hati dalam kisaran yang sehat dibandingkan mereka yang tidak atau jarang meminum kopi.

4. Kopi bisa mencegah penyakit Parkinson

Manfaat minum kopi selanjutnya adalah dapat mencegah seseorang terkena penyakit Parkinson.

Kafein dalam kopi tidak hanya terkait dengan kemungkinan lebih rendah terkena penyakit Parkinson, tetapi dapat membantu pasien dengan Parkinson untuk mengontrol gerakan mereka dengan lebih baik.

5. Khasiat kopi menurunkan risiko kanker usus besar

Berdasarkan data dari American Cancer Society, satu dari 23 wanita berpotensi mengembangkan kanker usus besar.

Namun, para peneliti menemukan bahwa peminum kopi tanpa kafein atau tanpa gula, 26 persen lebih kecil terkena kanker usus besar.

Baca juga: Adakah Waktu Terbaik untuk Minum Kopi?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com