Kompas.com - 17/11/2021, 19:30 WIB
Ilustrasi kopi Shutterstock/portumenIlustrasi kopi

KOMPAS.com - Kabar baik untuk Anda pencinta kopi dan teh, penelitian baru mengungkap bahwa minum kopi atau teh dapat menurunkan risiko stroke dan demensia.

Bahkan minum kopi juga dikaitkan dengan risiko demensia pasca stroke yang lebih rendah.

Penelitian yang dillakukan terhadap indvidu berusia 50 sampai 74 tahun ini telah ditebitkan di jurnal akses terbuka PLOS Medicine pada 16 November 2021.

Baca juga: 8 Manfaat Minum Kopi, Bisa Turunkan Risiko Kanker hingga Stroke

Stroke adalah masalah kesehatan yang mengancam jiwa, yang menyebabkan 10 persen kematian secara global.

Sementara demensia adalah istilah umum untuk gejala yang berkaitan dengan penurunan fungsi otak dan merupakan masalah kesehatan global dengan beban ekonomi dan sosial yang tinggi.

Demensia pasca stroke adalah suatu kondisi di mana gejala demensia terjadi setelah stroke.

Yuan Zhang dan rekan-rekannya dari Universitas Kedokteran Tianjin, Tianjin, Cina mempelajari 365.682 peserta dari Biobank Inggris, yang direkrut antara tahun 2006 hingga 2010 dan mengikuti mereka hingga 2020.

Pada awalnya, para peserta melaporkan sendiri asupan kopi dan teh mereka. Selama masa studi, 5.079 peserta mengembangkan demensia dan 10.053 mengalami setidaknya satu kali stroke.

Orang yang minum 2-3 cangkir kopi atau 3-5 cangkir teh per hari, atau kombinasi 4-6 cangkir kopi dan teh memiliki insiden stroke atau demensia terendah.

Individu yang minum 2-3 cangkir kopi dan 2-3 cangkir teh setiap hari memiliki risiko stroke 32% lebih rendah dan risiko demensia 28% lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi atau teh.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.