Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2022, 18:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Untuk mendeteksi kehamilan yang paling sederhana adalah dengan menggunakan test pack yang dicelupkan ke dalam urine. Jika seorang wanita sedang hamil, maka strip test pack akan menunjukkan dua garis. Garis ini muncul karena adanya kandungan HCG di dalam urine.

Apa itu HCG?

HCG merupakan singkatan dari Human Chorionic Gonadotropin. HCG adalah salah satu dari empat hormon yang diproduksi oleh jaringan plasenta pada awal kehamilan. Hormon ini dikeluarkan oleh tubuh melalui urine dan menjadi salah satu cara paling umum untuk mengetahui kehamilan dini.

Fungsi utama HCG adalah untuk mendukung korpus luteum pada akhir siklus menstruasi yang memicu korpus luteum untuk terus mengeluarkan hormon progesteron dalam jumlah cukup untuk menjaga endometrium selama kehamilan.

Hormon ini juga berfungsi untuk menstimulasi gonad janin untuk menghasilkan hormon steroid yang berperan penting dalam pembentukan organ genital internal dan eksternal janin.

Baca juga: Tanda Awal Kehamilan Setelah Ovulasi, dari Hari Pertama sampai Ke-14

Bagaimana HCG bisa terbaca di test pack?

HCG bisa terbaca di strip test pack adalah menggunakan teknologi immunokromatografi. Teknologi immunokromatografi merupakan reaksi antara urine yang mengandung HCG alpha dan beta dengan anti alpha dan anti beta HCG pada test pack.

Meresapnya HCG pada strip akan membuat dua garis merah, yaitu garis tes dan garis kontrol. Jika hanya garis kontrol yang menjadi merah, tandanya tidak ada hormon HCG di dalam urine atau kadarnya masih sangat rendah.

Metode ini sangat menguntungkan untuk digunakan karena beberapa alasan sebagai berikut:

  • Waktu yang dibutuhkan sangat singkat
  • Mudah didapatkan karena telah banyak dijual secara luas
  • Pasien bisa melakukan tes sendiri di rumah tanpa pergi ke fasilitas kesehatan
  • Pembacaan hasil mudah

Namun, perlu diingat bahwa pemeriksaan ini hanyalah pemeriksaan awal. Hal ini dikarenakan metode immunokromatografi tidak bisa mendeteksi kadar HCG secara pasti.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com