[POPULER SAINS] Super Immunity Diduga Sudah Terbentuk | Apa Hewan Terbesar yang Bisa Ditelan Ular | Kontak Erat Varian Omicron

Kompas.com - 08/01/2022, 08:31 WIB


KOMPAS.com - Sepanjang Jumat (7/1/2022) hingga Sabtu (8/1/2022), beberapa berita menjadi informasi populer Sains. Salah satunya soal super immunity yang diduga sudah terbentuk.

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi juga menyebut, bahwa hasil survei serologi menunjukkan 86,6 persen populasi Indonesia sudah punya antibodi yang tinggi.

Diduga, kata Nadia, super immunity sudah terbentuk di masyarakat Indonesia.

Dalam ulasan berita populer Sains lainnya, super immunity yang telah terbentuk ini juga disinyalir mungkin dapat melawan Covid varian Omicron.

Berita populer Sains lainnya, yakni mengenai mangsa ular. Artikel ini, terkait dengan hewan besar apa yang dapat ditelan oleh ular.

Angka kasus Omicron di Indonesia, bahkan dunia terus meningkat.

Kasus Omicron terus bertambah, dan memberikan kekhawatiran akan transmisi penularan yang mungkin akan semakin mudah terjadi.

Termasuk soal kontak erat varian Omicron, dalam hal ini apa yang harus dilakukan jika Anda telah bertemu atau melakukan kontak langsung dengan pasien yang terinfeksi varian baru virus corona tersebut.

Beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Jumat (7/1/2022) hingga Sabtu (8/1/2022) pagi ini, selengkapnya dapat disimak berikut ini.

Super Immunity Diduga Sudah Terbentuk

Berdasarkan hasil survei serologi, 86,6 persen populasi penduduk di Indonesia memiliki titer antibodi yang tinggi, dan diduga super immunity telah terbentuk.

Survei serologi tersebut dilakukan di sebagian wilayah yaitu 100 kabupaten/kota baik pada wilayah aglomerasi maupun non aglomerasi sepanjang bulan November-Desember 2021.

Berdasarkan data survei tersebut, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 juga mendapatkan, sekitar 73,2 persen populasi dari daerah yang disurvei ternyata telah memiliki antibodi padahal belum pernah terdeteksi positif Covid-19 maupun tervaksinasi.

Terkait dugaan super immunity sudah terbentuk pada populasi Indonesia, Nadia mengatakan, survei serologi sebenarnya dilakukan untuk mengukur efektivitas vaksin di masyarakat dan tingkat perlindungan yang ada di masyarakat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.