Siklus Hidup Lebah, dari Telur hingga Menjadi Lebah Dewasa

07/01/2022, 21:45 WIB

KOMPAS.com - Siklus hidup lebah adalah topik yang menarik untuk dibahas. Siklus hidup lebah dimulai ketika lebah ratu kawin dengan lebah jantan.

Macam-macam lebah

Sebelum mengetahui siklus hidup lebah, penting untuk mengetahui jenis-jenis lebah agar kita bisa mengetahui tugas masing-masing lebah. Terdapat tiga macam lebah, yaitu lebah ratu, lebah jantan, dan lebah pekerja.

Lebah ratu

Lebah ratu adalah lebah yang bertugas untuk bertelur dan mengatur koloni. Dalam satu koloni hanya terdapat satu ekor lebah ratu. Lebah ratu memiliki ukuran paling besar di antara lebah jenis lainnya. Makan dan hidup lebah ratu diurus oleh lebah pekerja.

Lebah jantan

Lebah jantan memiliki tugas untuk mengawini lebah ratu kemudian mati. Lebah jantan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak memiliki sengat. Sama seperti lebah ratu, hidup dan makan lebah jantan diurus oleh lebah pekerja.

Lebah pekerja

Lebah pekerja adalah lebah yang jumlahnya paling banyak di suatu koloni. Lebah ini memiliki tugas untuk memberi makan lebah ratu dan larva, membuat sarang, mencari nektar dan memproduksi madu, dan mencari air. Dengan tugasnya yang sangat banyak ini, lebah pekerja memiliki tubuh yang paling kecil dan memiliki sengat. Namun, jika lebah menyengat, lebah tersebut akan mati.

Baca juga: Bukan Isap Serbuk Sari, Spesies Lebah Ini Berevolusi Makan Daging

Siklus hidup lebah

Siklus hidup lebah terdiri dari empat fase, yaitu telur, larva, pupa, dan lebah dewasa. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing siklus hidup lebah.

1. Fase telur

Sebutir telur lebah berkembang menjadi macam-macam jenis lebah dalam waktu yang berbeda-beda. Telur menjadi lebah pekerja dewasa dalam waktu 18 sampai 22 hari. Sedangkan menjadi lebah ratu 16 hari dan lebah jantan 24 hari.

Telur lebah berukuran sebesar butiran beras. Dalam sekali bertelur, lebah ratu bisa menghasilkan 2.000 hingga 3.000 butir telur per hari.

Telur yang dibuahi akan menjadi lebah betina, bisa lebah pekerja atau lebah ratu. Sedangkan telur yang tidak dibuahi akan menjadi lebah jantan.

2. Fase larva

Setelah 3 hari sejak telur dihasilkan oleh lebah ratu, telur akan berubah menjadi larva. Larva lebah tidak memiliki kaki dan mata. Larva akan diberi makan oleh lebah pekerja selama 3 sampai 4 hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.