Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Lebah Tanpa Sengat Membuat Madu yang Sehat? Ilmuwan Akhirnya Temukan Rahasianya

Kompas.com - 28/08/2021, 20:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Akhirnya para ilmuwan telah mengetahui rahasia unik, bagaimana lebah asli bisa membuat madu yang sehat. Para ilmuwan menemukan gula sehat yang langka dan unik dalam madu yang dihasilkan lebah tanpa sengat.

Dilansir dari ABC, Sabtu (28/8/2021), gula nektar sebagian besar terdiri dari glukosa, fruktosa dan gula sukrosa, bukan trehalulosa.

Lantas, apakah gula trehalulosa ditemukan atau dibuat oleh lebah-lebah ini?

"Kami memberi makan lebah tanpa sengat beberapa larutan gula untuk mencoba dan mencari tahu asal usul trehalulosa," kata ahli kimia organik dan pemimpin penelitian dari University of Queensland, Dr Natasha Hungerford.

Selanjutnya, para peneliti ini mengambil dua larutan berbeda dan memasukkan ke koloni kecil lebih yang diisolasi dalam waktu singkat, sekitar 24 jam.

"Kami memberi mereka sukrosa atau gula meja. Kami menemukan bahwa ketika kami menganalisis madu yang mereka hasilkan dalam waktu singkat, mereka mengubah sukrosa menjadi trehalulosa. Jadi tidak ada sukrosa yang tersisa, sungguh luar biasa," kata Hungerford.

Karena cara unik serangga asli menyimpan madunya, kemudian para peneliti melihat sejumlah sumber potensial untuk gula khusus, seperti pohon asli dan hal-hal lain di lingkungan.

Baca juga: Lebah Madu Ternyata Belajar Mengingat Lokasi Bunga dengan Cara Ini

 

"Apa yang kami temukan adalah lebah tanpa sengat memiliki kapasitas unik untuk mengubah sukrosa menjadi trehalulosa dan menghasilkan madu yang kaya akan trehalulosa di usus mereka," kata Hungerford.

Dengan memberi makan glukosa dan fruktosa pada lebah tidak menghasilkan hasil yang sama, ini memungkinkan para peneliti untuk mempersempit sukrosa.

"Ini (studi) memberitahu kita, jika lebah mengambil nektar yang mengikat sukrosa dari lingkungan, maka mereka akan menghasilkan madu yang tinggi trehalulosa dengan manfaat kesehatan tambahan," kata Hungerford.

Hungerford menambahkan bahwa lebah tanpa sengat itu unik, karena serangga ini satu-satunya makhluk yang kita ketahui memproduksi madu dalam makanannya.

Lebah tanpa sengat dapat ditemukan di seluruh bagian wilayah tropis dan subtropis di dunia. Akan tetapi, lebah ini menghasilkan madu yang jauh lebih sedikit dibandingkan lebah madu Eropa.

Madu sehat yang dihasilkan lebah tanpa sengat ini sangat dihargai sebagai makanan khusus, dianggap sebagai obat dalam budaya Pribumi.

Baca juga: Bagaimana Lebah Memproduksi Madu?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com