Kompas.com - 07/01/2022, 21:32 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com - Jika ditanya "apa warna Matahari?", mungkin sebagian besar orang akan menjawab kuning.

Pada setiap ilustrasi, lukisan, dan sebagainya, Matahari pun kerap digambarkan dengan warna kuning yang cerah dan bercahaya.

Namun, apakah warna Matahari benar-benar kuning? Atau bintang raksasa ini memiliki warna lainnya?

Dilansir dari National Aeronautics and Space Administration (NASA), persepsi manusia tentang warna dipengaruhi oleh panjang gelombang cahaya yang dipancarkan, intensitas cahaya yang dipancarkan (akan saya jelaskan nanti), faktor lingkungan, kemampuan serta keterbatasan mata untuk mengumpulkan cahaya, dan, tentu saja, otak. 

Jadi, untuk mengetahui warna Matahari yang sebenarnya, dimulai dengan pembahasan panjang gelombang cahaya.

Baca juga: Matahari Buatan China Cetak Rekor Baru, Menyala Selama 1.056 Detik

Seperti halnya semua materi, Matahari memancarkan "spektrum benda hitam" yang dipengaruhi oleh suhu permukaannya. 

Spektrum benda hitam adalah kontinum radiasi pada banyak panjang gelombang berbeda yang dipancarkan oleh benda apa pun dengan suhu di atas nol mutlak.

Untuk Matahari, kurva benda hitam atau "Fungsi Papan" ini adalah kurva halus berbentuk lonceng yang melibatkan radiasi elektromagnetik (EM) pada berbagai panjang gelombang dari inframerah yang sangat panjang hingga panjang gelombang ultraviolet yang sangat pendek. 

Selama peristiwa suar Matahari yang sangat panas, eksplosif, dan berenergi tinggi, Matahari juga memancarkan radiasi sinar-x dan sinar gamma dalam jumlah besar, yakni lebih dari 100 MeV energi dan hingga 10 32ergs energi selama beberapa detik. 

Suar Matahari besar ini merupakan ledakan besar di atmosfer Matahari yang disebabkan oleh pelepasan energi medan magnet secara tiba-tiba dan cenderung terjadi mendekati maksimum Matahari. 

Baca juga: 4 Gerhana yang Terjadi Selama 2021, dari Gerhana Matahari hingga Gerhana Bulan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.