Ternyata Ada Bagian Tubuh Manusia yang Selama Ini Belum Diungkap, Apa Itu?

Kompas.com - 05/01/2022, 13:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Editor

KOMPAS.com - Baru-baru ini, ilmuwan mengungkap bagian lain dari tubuh manusia yang belum terungkap. Ternyata bagian tubuh yang belum diungkap itu adalah otot masseter.

Otot ini berada di belakang pipi. Itu adalah bagian tubuh bagian dari otot rahang yang paling penting. Jadi saat kita mencoba meletakkan jari-jari tangan di belakang pipi dan menggertakkan gigi, maka kita akan merasakan otot yang tegang menjadi rileks.

Seperti dikutip dari BBC Indonesia, Minggu (2/1/2022), dalam buku-buku anatomi tubuh, secara tradisional menggambarkan masseter sebagai otot yang terdiri dari dua lapisan, yakni satu lapisan superfisial dan satu lapisan dalam.

Namun demikian, ternyata, sekelompok peneliti di Swiss mengungkapkan bahwa mereka telah menemukan bagian otot rahang yang sampai saat ini luput dari perhatian.

Dalam penemuan baru bagian tubuh manusia ini, para peneliti menggambarkan otot masseter ternyata memiliki lapisan ketiga yang lebih dalam.

"Meskipun secara umum penelitian anatomi selama 100 tahun terakhir diasumsikan tidak membutuhkan temuan lanjutan, hasil penemuan kami ini seperti ketika ahli zoologi menemukan spesies vertebrata baru," jelas Profesor Jens Christoph Turp, salah satu peneliti dari Pusat Kedokteran Gigi di Universitas Basel.