Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Ada Bagian Tubuh Manusia yang Selama Ini Belum Diungkap, Apa Itu?

Kompas.com - 05/01/2022, 13:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Editor

KOMPAS.com - Baru-baru ini, ilmuwan mengungkap bagian lain dari tubuh manusia yang belum terungkap. Ternyata bagian tubuh yang belum diungkap itu adalah otot masseter.

Otot ini berada di belakang pipi. Itu adalah bagian tubuh bagian dari otot rahang yang paling penting. Jadi saat kita mencoba meletakkan jari-jari tangan di belakang pipi dan menggertakkan gigi, maka kita akan merasakan otot yang tegang menjadi rileks.

Seperti dikutip dari BBC Indonesia, Minggu (2/1/2022), dalam buku-buku anatomi tubuh, secara tradisional menggambarkan masseter sebagai otot yang terdiri dari dua lapisan, yakni satu lapisan superfisial dan satu lapisan dalam.

Namun demikian, ternyata, sekelompok peneliti di Swiss mengungkapkan bahwa mereka telah menemukan bagian otot rahang yang sampai saat ini luput dari perhatian.

Dalam penemuan baru bagian tubuh manusia ini, para peneliti menggambarkan otot masseter ternyata memiliki lapisan ketiga yang lebih dalam.

"Meskipun secara umum penelitian anatomi selama 100 tahun terakhir diasumsikan tidak membutuhkan temuan lanjutan, hasil penemuan kami ini seperti ketika ahli zoologi menemukan spesies vertebrata baru," jelas Profesor Jens Christoph Turp, salah satu peneliti dari Pusat Kedokteran Gigi di Universitas Basel.

Baca juga: Akibat Evolusi, 9 Bagian Tubuh Ini Tak Lagi Dibutuhkan Manusia

Lantas, bagaimana bagian tubuh manusia yang berada di otot rahang ini ditemukan?

Para peneliti mempelajari struktur otot rahang, gambar tomografi, bagian jaringan dari orang mati yang menyumbangkan tubuh mereka untuk sains, serta data MRI dari orang yang masih hidup, untuk menemukan bagian tubuh yang luput itu.

Melalui metode-metode tersebut, mereka kemudian mengidentifikasi lapisan ketiga yang terkait dengan proses otot rahang bawah.

Proses otot itu disebut sebagai coronoid. Itu sebabnya para peneliti pun mengusulkan bahwa lapisan baru dari otot rahang tersebut diberi nama Musculus masseter pars coronidea.

Fungsi bagian tubuh lapisan baru otot rahang

Salah satu penulis studi, Szilvia Mezey mengatakan bahwa meski otot masseter dengan tiga lapisan telah dijelaskan sebelumnya, namun literatur yang ada tidak jelas dan terkadang bertentangan mengenai bagian tubuh manusia ini.

Baca juga: Ketahui 5 Bagian Tubuh Ibu yang Berubah Pasca Melahirkan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com