Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2021, 16:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comGagal jantung adalah salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia. Padahal, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah gagal jantung.

Cara mencegah gagal jantung

Berikut ini adalah cara mencegah gagal jantung yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Olahraga rutin

Tidak ada kata terlambat untuk mulai berolahraga rutin. Studi menunjukkan berolahraga secara rutin mampu menurunkan risiko terkena gagal jantung. Selain itu, olahraga rutin juga bisa menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan risiko terkena diabetes tipe 2.

Anda bisa memulai olahraga rutin dengan olahraga yang ringan terlebih dahulu dan meningkatkan intensitasnya perlahan. Aktiflah berolahraga setidaknya 30 menit per hari.

2. Jangan merokok

Zat kimiawi dalam rokok bisa memberikan efek negatif pada jantung dan pembuluh darah. Rokok menurunkan oksigen di dalam darah. Hal ini bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan denyut jantung meningkat karena bekerja lebih keras untuk menyuplai oksigen ke seluruh tubuh.

Baca juga: Pola Tidur Sehat Turunkan Risiko Gagal Jantung, Ini Penjelasan Sains

3. Makan makanan yang sehat untuk jantung

Contoh makanan yang sehat untuk jantung antara lain buah dan sayuran, kacang-kacangan, ikan, produk susu rendah lemak, gandum, dan lemak sehat seperti alpukat dan minyak zaitun.
Selain itu, batasi asupan garam, gula, lemak jenuh, dan makanan olahan.

4. Menjaga berat badan

Kelebihan berat badan terbukti meningkatkan risiko seseorang terkena serangan jantung. Salah satu cara untuk mengukur berat badan adalah dengan Indeks Massa Tubuh.

Jika Indeks Massa Tubuh Anda lebih dari 25, maka Anda termasuk kelebihan berat badan dan harus segera menurunkan berat badan.

5. Mengelola stres

Ketika seseorang merasa stres, orang cenderung mengatasinya dengan cara yang tidak sehat. Contohnya dengan makan berlebih, minum minuman beralkohol, atau merokok. Anda bisa mengatasi stres dengan cara yang lebih bagus, seperti berolahraga, relaksasi, dan meditasi.

Itu dia 5 cara untuk mencegah gagal jantung yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga sehat selalu, ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com