Kompas.com - 23/11/2020, 11:05 WIB
Ilustrasi tidur RidofranzIlustrasi tidur

KOMPAS.com - Berapa nilai yang bisa diberikan untuk pola tidur Anda? Apakah pola tidur Anda sudah cukup baik dan sehat?

Bila belum, sebaiknya Anda memperbaiki pola tidur secepat mungkin. Pasalnya, sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal Circulation baru saja menemukan bahwa pola tidur yang baik bisa menurunkan risiko gagal jantung.

Para peneliti menemukan hal ini setelah mengamati kaitan antara pola tidur dan kasus gagal jantung di antara 408.802 partisipan Biobank Inggris Raya.

Para partisipan berusia antara 37-73 tahun ketika bergabung dalam Biobank pada tahun 2006-2010; dan pola tidur mereka dipelajari sekitar 10 tahun lamanya.

Baca juga: Tubuh Sangat Lelah, tapi Kok Susah Tidur? Ini Penyebabnya

Hingga 1 April 2019, tim peneliti mencatat adanya 5.221 kasus gagal jantung di antara para partisipan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para peneliti lantas memberikan penilaian berdasarkan pola kualitas tidur para partisipan, seperti berapa lama mereka tidur; apakah mereka mengalami imsonia, gangguan mengorok atau lainnya; apakah mereka tipe yang suka bangun pagi atau begadang; dan apakah mereka suka ketiduran pada siang hari.

Berdasarkan durasi tidurnnya, tim peneliti juga mengelompokan para partisipan menjadi tiga: pendek atau kurang dari 7 jam per hari, sesuai rekomendasi atau 7-8 jam per hari, dan panjang atau setidaknya 9 jam per hari.

Hasilnya lantas menunjukkan bahwa para partisipan dengan pola tidur paling sehat memiliki risiko 42 persen lebih rendah untuk mengalami gagal jantung bila dibandingkan dengan partisipan yang pola tidurnya kurang sehat.

Baca juga: Seri Baru Jadi Ortu: Cara Mengatasi Anak Sering Tidur Larut Malam

Pola tidur yang sehat ini didefiniskan sebagai bangun pada pagi hari, tidur 7-8 jam sehari, serta jarang mengalami insomnia, mengorok atau ketiduran pada siang hari.

Tim peneliti juga menemukan kaitan individual yakni:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X