Kompas.com - 26/10/2021, 12:32 WIB
Buah mangga, bermanfaat untuk wajah pixabayBuah mangga, bermanfaat untuk wajah

KOMPAS.comMangga adalah buah yang banyak tumbuh di berbagai negara. Mangga mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Tahukah kamu ternyata ada manfaat buah mangga untuk wajah?

Secangkir mangga mengandung 67 persen vitamin C dan lebih dari 8 persen mineral tembaga, folat, vitamin B6, A, dan E. Oleh karena itu, mangga baik untuk mendukung kesehatan kulit wajah Anda.

Mangga mampu menghidrasi kulit jika diaplikasikan secara topikal. Berbagai sediaan mangga seperti butter, ekstrak, dan minyak dari mangga menjadi bahan di dalam produk perawatan kulit.

Manfaat buah mangga untuk wajah

Dilansir dari Healthline, berikut adalah manfaat buah mangga untuk wajah.

1. Mengurangi dampak buruk sinar matahari

Mangga mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan sangat penting untuk mengurangi oksidasi pada sel kulit. Sebuah studi di Korea pada tahun 2013, meneliti efek mangga terhadap dampak buruk sinar matahari pada tikus tanpa bulu.

Peneliti memberi makan tikus dengan 100 miligram ekstrak mangga per kilogram berat badan. Sebagai kontrol, peneliti juga memberikan sebagian tikus air biasa untuk efek plasebo.

Hasilnya, tikus yang diberikan ekstrak mangga memiliki lebih sedikit kerutan akibat paparan sinar matahari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tahukah Anda, Wajah Jadi Kurang Simetris Saat Usia Bertambah Tua

2. Merangsang pembentukan kolagen

Kandungan vitamin C di dalam mangga mampu merangsang produksi kolagen alami di dalam tubuh. Kolagen adalah protein yang sangat penting untuk menjaga elastisitas kulit. Tanda-tanda kulit yang kekurangan kolagen antara lain penyembuhan luka yang lambat dan bersisik.

3. Menunda penuaan dini pada kulit

Mangga mengandung vitamin E dan C yang penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kedua vitamin ini disimpan di sel kulit.

Jumlah vitamin di sel kulit ini akan berkurang jika kulit terpapar sinar matahari. Jika tubuh hanya sedikit mengonsumsi dan menyimpan vitamin E dan C, maka kulit akan lebih rentan mengalami kerusakan dan kerutan akibat sinar matahari.

4. Mengurangi jerawat

Mangga mengandung vitamin A yang tinggi. Kekurangan asupan vitamin A menyebabkan peningkatan produksi kreatin. Jika kadar kreatin berlebihan, ini bisa memicu penyumbatan pada pori-pori dan folikel rambut yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Mangga jika dikonsumsi memang bermanfaat untuk mengurangi jerawat. Namun, kamu harus berhati-hati jika menggunakan mangga secara topikal menggunakan produk yang mengandung mangga. Mangga mengandung lemak yang cukup tinggi yang justru memicu timbulnya jerawat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.