Kompas.com - 25/10/2021, 18:04 WIB
Sejak akhir Januari 2021, 63 rentetan gempa mengguncang Samosir, Sumatera Utara. Kekuatan setiap rentetan gempa terbilang kecil, termasuk gempa swarm. BMKGSejak akhir Januari 2021, 63 rentetan gempa mengguncang Samosir, Sumatera Utara. Kekuatan setiap rentetan gempa terbilang kecil, termasuk gempa swarm.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Pada awal tahun 2016, gempa swarm terjadi di California Selatan. Gempa tersebut tidak tidak terjadi setiap hari dan sebagian besar menimbulkan getaran yang terlalu kecil untuk dirasakan manusia.

Namun, bulan demi bulan, getaran terebut terus bergemuruh dan berlipat ganda. Pada tahun 2018, ribuan gempa kecil terjadi setiap bulan dan beberapa di antaranya cukup besar untuk membuat benda-benda bergoyang.

Peristiwa ini menyisakan banyak pertanyaan dan memicu para ilmuwan untuk menemukan penyebab terjadinya gempa swarm selama 3,5 tahun tersebut.

Apa itu gempa swarm?

Gempa swarm adalah urutan peristiwa seismik yang terjadi di suatu wilayah dalam waktu yang cukup singkat.

Lamanya waktu dalam definisi gempa swarm ini berbeda-beda, tetapi bisa berhari-hari, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.

Baca juga: Gempa Terkini: Ambarawa Jawa Tengah Kembali Diguncang Gempa Swarm ke-35 Kalinya

Dilansir dari National Geographic, gempa swarm kadang terdiri dari ratusan atau ribuan gempa bumi kecil atau sedang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Banyak gempa swarm yang dikaitkan dengan meletusnya gunung berapi, sementara yang lainnya jauh dari aktivitas utama apapun.

Potensi kehancurkan akibat gempa swarm sangat bervariasi. Contohnya, gempa swarm Cahuilla tidak pernah menghasilkan kerusakan yang signifikan dalam empat tahun.

Perbedaan gempa swarm dan gempa susulan

Dilansir dari United States Geological Survey (USGS), gempa swarm adalah urutan sebagian besar gempa bumi kecil tanpa mainshock yang dapat diidentifikasi.

Sebagaimana yang telah disebutkan, gempa swarm dapat berumur pendek namun bisa berlanjut bahkan selama berbulan-bulan.

Baca juga: Gempa Hari Ini: Catatan Sejarah Gempa Merusak di Sekitar Salatiga

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.