Kompas.com - 25/10/2021, 16:50 WIB
Warga RT 5/RW 5 Pojoksari Ambarawa memasang tenda mengantisipasi adanya gempa susulan. KOMPAS.com/Dian Ade PermanaWarga RT 5/RW 5 Pojoksari Ambarawa memasang tenda mengantisipasi adanya gempa susulan.


KOMPAS.com - Wilayah Banyubiru dan Ambarawa, Provinsi Jawa Tengah kembali diguncang gempa swarm yang ke-35. Gempa terkini di Ambarawa ini tercatat berkekuatan M 2,7.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa Ambarawa ini terjadi pada pukul 14.43 WIB, Senin (25/10/2021).

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie mengatakan, episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 7.139 LS dan 110.554 BT.

Lokasi tepat gempa hari ini di Ambarawa berada di darat pada jarak 16 km arah Tenggara Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah dengan kedalaman 10 km.

"Dengan memperhatikan magnitudo, lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa yang terjadi merupakan bagian dari rangkaian aktivitas gempa swarm yang ke-35 yang terjadi di Banyubiru, Ambarawa dan sekitarnya," kata Setyoajie. 

Gempa swarm adalah gempa bumi yang dicirikan dengan serangkaian aktivitas gempa bermagnitudo kecil dengan frekuensi kejadian yang sangat tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Gempa Terkini: 4 Fakta Gempa Salatiga yang Sudah Terjadi 7 Kali Susulan

 

Lebih lanjut, Setyoajie menyebutkan bahwa guncangan gempa swarm ini dirasakan di Ambarawa dalam skala intensitas II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Namun, upayakan agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

Serta, masyarakat di sekitar lokasi terjadinya gempa di Ambarawa ini diimbau memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. 

Baca juga: Gempa Hari Ini: Catatan Sejarah Gempa Merusak di Sekitar Salatiga

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.