Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Terkini: Ambarawa Jawa Tengah Kembali Diguncang Gempa Swarm ke-35 Kalinya

Kompas.com - 25/10/2021, 16:50 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Wilayah Banyubiru dan Ambarawa, Provinsi Jawa Tengah kembali diguncang gempa swarm yang ke-35. Gempa terkini di Ambarawa ini tercatat berkekuatan M 2,7.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa Ambarawa ini terjadi pada pukul 14.43 WIB, Senin (25/10/2021).

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie mengatakan, episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 7.139 LS dan 110.554 BT.

Lokasi tepat gempa hari ini di Ambarawa berada di darat pada jarak 16 km arah Tenggara Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah dengan kedalaman 10 km.

"Dengan memperhatikan magnitudo, lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa yang terjadi merupakan bagian dari rangkaian aktivitas gempa swarm yang ke-35 yang terjadi di Banyubiru, Ambarawa dan sekitarnya," kata Setyoajie. 

Gempa swarm adalah gempa bumi yang dicirikan dengan serangkaian aktivitas gempa bermagnitudo kecil dengan frekuensi kejadian yang sangat tinggi.

Baca juga: Gempa Terkini: 4 Fakta Gempa Salatiga yang Sudah Terjadi 7 Kali Susulan

 

Lebih lanjut, Setyoajie menyebutkan bahwa guncangan gempa swarm ini dirasakan di Ambarawa dalam skala intensitas II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Namun, upayakan agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

Serta, masyarakat di sekitar lokasi terjadinya gempa di Ambarawa ini diimbau memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. 

Baca juga: Gempa Hari Ini: Catatan Sejarah Gempa Merusak di Sekitar Salatiga

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com