Kompas.com - 20/10/2021, 11:02 WIB
Ilustrasi wajah, penuaan kulit. Semakin tua, wajah jadi semakin tidak simetris. SHUTTERSTOCK/Evgeny AtamanenkoIlustrasi wajah, penuaan kulit. Semakin tua, wajah jadi semakin tidak simetris.

KOMPAS.com - Sebagian orang menyadari bahwa semakin bertambahnya usia, wajah akan berkerut hingga menjadi kurang simetris.

Padahal ketika melihat bayi yang baru lahir, wajah mereka tampak hampir simetris.

Dalam topik misteri tubuh manusia kali ini, kita akan membahas mengapa wajah menjadi kurang simetris saat usia bertambah tua.

Dilansir dari Live Science, Senin (18/10/2021), terdapat hubungan yang cukup linear antara usia dan bentuk wajah yang asimetris.

Baca juga: Penyebab Kebiasaan Menggemeretakkan Gigi Saat Tidur hingga Berbunyi

Hal itu diketahui dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Helena Taylor, seorang Asisten Profesor Bedah di Rumah Sakit Mount Auburn, Massachusetts dan rekan-rekannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penelitian tersebut bermula dari Taylor yang mencoba untuk mencari cara untuk membuat prosedur operasi plastik dengan lebih berdasarkan data.

Adapun tujuan operasi plastik rekonstruktif, seperti memperbaiki wajah setelah trauma, pada umumnya untuk memberikan bentuk wajah yang lebih simetris.

Namun, hampir semua wajah memiliki beberapa tingkat asimetris alami.

"Saya mulai membayangkan semua anak yang datang untuk rekonstruksi wajah dan menjadi jelas bahwa kami tidak memiliki data tentang jumlah asimetris yang normal," ujar Taylor.

Oleh karena itu, Taylor dan rekan-rekannya menggunakan fotografi tiga dimensi untuk membuat gambar detail dari 191 sukarelawan berusia 4 bulan dan 88 tahun yang tidak mengalami intervensi atau trauma wajah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.