Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2021, 12:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Setelah China, India dan Arab Saudi, kali ini misi perlombaan luar angkasa diramaikan dengan kehadiran Korea Selatan. Negeri Gingseng ini luncurkan roket buatan sendiri untuk jelajahi luar angkasa.

Korea Selatan telah melakukan uji peluncuran pertama roket buatan dalam negerinya, untuk bergabung dengan negara-negara penjelajah luar angkasa yang maju, seperti dilansir dari Aljazeera, Sabtu (23/10/2021).

Presiden Korea Selatan Moon Jae In mengatakan roket tiga tingkat berbendera Korea Selatan yang diluncurkan sambil membawa satelit tiruan, semestinya diluncurkan pada Kamis lalu dari lokasi peluncuran di Goheung, tetapi gagal menempatkan muatannya ke orbit.

Roket ini dinamai Korea Space Launch Vehicle II NURI (KSLV-II NURI). Nama roket luar angkasa Korea Selatan tersebut memiliki arti 'dunia', yang memiliki berat hingga 200 ton, panjang 47,2 meter dan dilengkapi dengan enam mesin berbahan bakar cair.

Dikembangkan selama 10 tahun dengan biaya hingga 2 triliun won, roket tiga tingkat tersebut dirancang untuk dapat menempatkan muatan seberat 1,5 ton ke orbit berjarak 600 km hingga 800 km di atas Bumi.

Baca juga: Perjalanan Luar Angkasa Menyebabkan Kerusakan Otak, Ini Penelitiannya

Korea Selatan adalah negara dengan kekuatan ekonomi ke-12 di dunia. Negeri Gingseng ini juga dikenal sebagai negara berteknologi maju, namun sayangnya, Korea Selatan masih tertinggal dalam dunia penerbangan luar angkasa.

China, Jepang, dan India, telah memiliki program luar angkasa yang maju.

Bahkan, tetangga Korea Selatan yang bersenjata nuklir, Korea Utara, telah menempatkan satelit seberat 300 kg ke orbit Bumi pada tahun 2012 lalu, mesik dikecam negara-negara Barat sebagai uji coba rudal terselubung.

Misi Korea Selatan menuju luar angkasa

Diawasi oleh Korea Aerospace Research Institute (KARI), roket NURI dipindahkan ke landasan peluncurannya pada hari Rabu dan diangkat ke posisinya.

Dalam sebuah gambar televisi menunjukkan roket NURI dinaikkan ke atas dari lokasi peluncuran di NARO Space Centre di Goheung, yang berlokasi sekitar 500 km di selatan ibukota Korea Selatan, Seoul.

Baca juga: Usai Syuting di Luar Angkasa 12 Hari, Kru Film Rusia Kembali ke Bumi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com