Kompas.com - 18/10/2021, 10:05 WIB
Artis Yulia Peresild menghabiskan waktu 12 hari untuk syuting film di ISS
physArtis Yulia Peresild menghabiskan waktu 12 hari untuk syuting film di ISS

KOMPAS.com - Seorang aktris Rusia bersama sutradara film berhasil menginjakkan kaki lagi di Bumi, Minggu (17/10/2021), setelah menghabiskan waktu 12 hari melakukan syuting film di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).    

Menurut Badan Antariksa Rusia Roscosmos, aktris Yulia Peresild dan sutradara Kli Shipenko mendarat sesuai jadwal di padang rumput Kazakhstan pada pukul 04.36 GMT dalam kondisi yang baik.

Mereka kembali ke Bumi bersama dengan kosmonot Oleg Novitsky yang telah berada di stasiun luar angkasa selama enam bulan terakhir.

Baca juga: Bukan Sekadar Mimpi, Syuting Film di Luar Angkasa Segera Terwujud

Sebelumnya, para kru film ini berangkat ke ISS dengan kosmonot veteran Anton Shkaplerov untuk mengambil gambar adegan film The Challenge. Shkaplerov bersama dengan dua kosmonot Rusia yang sudah berada di ISS disebut menjadi cameo dalam film tersebut.

Jika proyek pembuatan film tersebut sesuai jadwal, kru Rusia ini akan mengalahkan proyek Hollywood yang diumumkan tahun lalu di mana Tom Cruise akan bekerja bersama dengan NASA dan SpaceX milik Elon Musk.

Mengutip Phys, Minggu (17/10/2021), plot cerita The Challenge masih dirahasiakan, tetapi bocorannya akan berkisah mengenai seorang ahli bedah yang dikirim ke ISS untuk menyelamatkan seorang kosmonot.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut, proses pendaratan mereka yang juga didokumentasikan oleh kru film juga akan ditampilkan dalam film.

Perlombaan luar angkasa abad ke-21

Misi keberangkatan kru film ke luar angkasa ini menambah daftar panjang pertama untuk industri luar angkasa Rusia.

Sebelumnya Soviet telah meluncurkan satelit pertama Sputnik dan mengirim ke orbit hewan pertama, seekor anjing bernama Laika, pria pertama, Yuri Gagarin; dan wanita pertama, Valentina Tereshkova.

Namun, Rusia modern masih harus berjuang untuk mendapatkan pendanaan karena pemerintahan yang masih memprioritaskan pengeluaran untuk militer.

Baca juga: Studi Ungkap Lama Tinggal di Luar Angkasa Sebabkan Kerusakan Otak

Rusia juga harus menghadapi persaingan ketat dengan Amerika Serika dan China, dua negara yang memiliki ambisi berkembang di industri luar angkasa.

Salah satu cara yang dilakukan adalah menghidupkan kembali rencana untuk mengangkut petualang ke ISS.

Rencananya, Rusia akan mengirimkan dua turis pada bulan Desember, termasuk miliarder Yusaku Maezawa ke ISS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.