Kompas.com - 22/10/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi COVID-19 Ilustrasi COVID-19

KOMPAS.com - Seorang perempuan penyintas kanker diketahui terinfeksi virus corona selama hampir satu tahun.

Menurut studi baru, ini merupakan kasus Covid-19 terlama yang pernah dilaporkan.

Mengutip Live Science, Jumat (22/10/2021) perempuan berusia 47 tahun itu pertama kali dirawat di rumah sakit karena Covid-19 pada musim semi 2020 di National Institutes of Health (NIH) di Maryland, Amerika Serikat.

Baca juga: Studi: Hanya Orang yang Sangat Sakit dan Orang Tua yang Meninggal karena Covid-19 Setelah Vaksinasi

Namun ternyata, infeksi perempuan itu berlanjut selama 335 hari. Hal tersebut diketahui melalui tes positif Covid-19 yang berulang dan gejala yang masih ada. Perempuan tersebut juga membutuhkan oksigen tambahan di rumah.

Meski tesnya menunjukkan hasil positif, tingkat virus di tubuhnya hampir tak terdeteksi selama berbulan-bulan setelah infeksi awal. Tetapi pada Maret 2021, tingkat virusnya melonjak lagi.

Peneliti pun membandingkan genom dari sampel yang dikumpulkan selama infeksi pertama dengan yang lebih baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasilnya peneliti menemukan, bahwa virus lama dan baru merupakan virus yang sama. Dengan kata lain, pasien ini tak terinfeksi ulang, tetapi terus menyimpan virus yang sama selama hampir satu tahun.

Virus corona baru kemungkinan dapat bertahan begitu lama di tubuh, karena perempuan tersebut memiliki sistem kekebalan yang terganggu akibat pengobatan limfoma yang dilakukan sebelumnya untuk mengatasi kanker.

Perempuan tersebut sebelumnya telah berhasil diobati dengan terapi sel T CAR sekiar tiga tahun lalu yang melemahkan sistem kekebalannya.

Kasus infeksi Covid-19 pada pasien dengan sistem kekebalan yang lemah menurut Elodie Ghedin, ahli virologi molekuler di NIH memberi gambaran tentang bagaimana virus menjelajahi ruang genetik.

Baca juga: Peranan Pangan Probiotik sebagai Immunomodulator untuk Mencegah Infeksi Covid-19

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.