Kompas.com - 22/10/2021, 09:05 WIB
Ilustrasi mammoth, ilmuwan mengurutkan DNA dari gigi mammoth Amerika Utara dan menemukan DNA purba tertua. Studi genom mengungkap evolusi mammoth, mamalia raksasa Zaman Es. Beth Zaiken/Centre for Palaeogenetics via NATUREIlustrasi mammoth, ilmuwan mengurutkan DNA dari gigi mammoth Amerika Utara dan menemukan DNA purba tertua. Studi genom mengungkap evolusi mammoth, mamalia raksasa Zaman Es.

KOMPAS.com - Selama lima juta tahun, mammoth berbulu hidup di Bumi sampai akhirnya mereka benar-benar menghilang hampir 4000 tahun yang lalu. Tapi, apa yang membuat mereka punah masih menjadi perdebatan.

Kini, peneliti punya analisis terbaru terkait kepunahan mereka dari muka planet.

Mengutip Phys, Kamis (21/10/2021) ahli genetika menganalisis DNA lingkungan purba dan membuktikan ketika gunung es mencair, lingkungan menjadi terlalu basah bagi hewan raksasa untuk bertahan hidup, karena sumber makanan mereka yaitu tumbuhan menjadi hilang.