Kompas.com - 21/10/2021, 21:03 WIB
(Xiao Jia / SWNS)Cretapsara athanata, kepiting yang hidup di era dinosaurus terjebak dalam batu ambar

KOMPAS.com - Apakah ada kepiting di era dinosaurus? jika ada seperti apa bentuknya?. Pertanyaan itu akhirnya bisa terjawab setelah peneliti menemukan fosil hewan tersebut terperangkap dalam batu ambar.

Peneliti menyebut kalau temuan organisme akuatik jarang terjadi, sehingga fosil kepiting bisa memberikan gambaran unik tentang anatomi, biologi, dan ekologi organisme ini.

Selain itu, temuan fosil kepiting ini merupakan temuan pertama dari era dinosaurus sekaligus fosil kepiting terlengkap yang pernah ditemukan.

Baca juga: 4 Spesies Kepiting Baru, dari Berbulu Banyak hingga Seperti Perhiasan

Mengutip Independent, Kamis (21/10/2021) tim peneliti internasional menggunakan CT mikro untuk memeriksa dan mendeskripsikan fosil Cretapsara athanata yang berusia 100 juta tahun. Cretapsara athanata sendiri berarti roh abadi dari awan dan air.

Hasil analisis peneliti menemukan, jika tubuhnya masih dalam kondisi baik, termasuk cangkang, mata, capit, dan bahkan insangnya. Cretapsara juga tampak sangat modern.

Krustasea kecil ini juga diyakini sebagai nenek moyang kepiting merah modern yang melakukan migrasi untuk berkembang biak.

"Spesimennya spektakuler, ini satu-satunya. Ini benar-benar lengkap dan tidak ada satu rambut pun yang hilang di tubuhnya yang luar biasa," kata penulis utama Javier Luque, peneliti postdoctoral di Department of Organismic and Evolutionary Biology, Universitas Harvard.

Luque pun menyebut jika semakin mempelajarinya, semakin ia menyadari bahwa hewan tersebut sangat istimewa dalam banyak hal.

Salah satunya adalah peneliti menemukan adanya insang yang berkembang dengan baik, tapi di sisi lain mereka tak memiliki jaringan paru-paru. Hal ini menunjukkan, jika hewan tak sepenuhnya tinggal di darat melainkan juga di lingkungan akuatik atau semi akuatik.

"Sekarang kami berurusan dengan hewan yang kemungkinan bukan hanya tinggal laut, tetapi juga tidak sepenuhnya terestrial," jelas Luque.