Kompas.com - 20/10/2021, 18:31 WIB
Ilustrasi exoplanet, misteri alam semesta, misi luar angkasa. Penemuan exoplanet raksasa baru. SHUTTERSTOCK/oorkaIlustrasi exoplanet, misteri alam semesta, misi luar angkasa. Penemuan exoplanet raksasa baru.


KOMPAS.com - Para astronom mendeteksi keberadaan exoplanet raksasa baru yang terdeteksi lewat satelit milik badan antariksa nasional Amerika Serikat (NASA).

Exoplanet atau planet exo adalah planet yang berada di luar Tata Surya kita.

Kali ini, dengan menggunakan NASA Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS), tim astronom internasional telah mendeteksi dunia alien raksasa baru.

Planet ekstrasurya atau exoplanet ini dinamai TOI-530b, yang berukuran hampir sebesar planet Jupiter, yakni hanya sekitar 17 persen lebih kecil dari planet terbesar di Tata Surya kita.

Penemuan exoplanet raksasa ini telah dilaporkan dalam makalah yang diterbitkan 8 Oktober lalu di repositori pra-cetak arXiv.

Dilansir dari Phys, Rabu (20/10/2021), TESS sedang melakukan survei terhadap sekitar 200.000 bintang paling terang di dekat matahari dengan tujuan mencari exoplanet yang sedang transit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejauh ini, satelit NASA tersebut telah mengidentifikasi lebih dari 4.500 calon exoplanet (TESS Objects of Interest, atau TOI), yang sejauh ini ada 159 exoplanet yang telah dikonfirmasi.

Baca juga: Exoplanet di Galaksi Bima Sakti Ini Tumbuhkan Lagi Atmosfernya yang Hilang, Kok Bisa?

 

Penemuan exoplanet raksasa baru

Exoplanet raksasa baru ditemukan dan telah dikonfirmasi oleh sekelompok tim astronom internasional yang dipimpin oleh Tianjun Gan dari Tsinghua University di Beijing, China.

Mereka melaporkan bahwa sinyal transit telah diidentifikasi dalam kurva cahaya bintang katai M yang dikenal sebagai TOI-530.

"Kami melaporkan penemuan TOI-530b, sebuah planet raksasa transit di sekitar katai M0.5V, yang disampaikan oleh Transiting Exoplanet Survey Satellite," kata peneliti.

"Kami memverifikasi sifat planet dari sinyal transit dengan menggabungkan fotometri multi-panjang gelombang berbasis darat, spektroskopi resolusi tinggi dari SPIrou (SpectroPolarimètre InfraROUge) serta pencitraan resolusi sudut tinggi," imbuh penulis dalam makalah studi ini.

Para peneliti melakukan pengukuran pada exoplanet tersebut dan memiliki ukuran yang hampir sebesar planet Jupiter.

Exoplanet raksasa TOI-530b memiliki radius sekitar 0,83 jari-jari Jupiter, sedangkan massanya diperkirakan 0,4 massa Jupiter. Hal ini memberikan kepadatan pada tingkat 0,93 g/cm3.

Baca juga: Exoplanet Raksasa ini Dihujani Logam Besi, Astronom Temukan Buktinya

Halaman:


Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.