Exoplanet Raksasa ini Dihujani Logam Besi, Astronom Temukan Buktinya

Kompas.com - 12/03/2020, 18:32 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Bukan hujan deras disertai petir atau angin kencang. Astronom temukan bukti, exoplanet di bagian lain tata surya ini dihujani logam berat dari langit.

Planet ini bernama WASP 76b adalah sejenis planet ekstrasurya ekstrem yang dikenal sebagai exoplanet raksasa paling panas (ultra-hot giant exoplanet).

Pengamatan terhadap exoplanet ini menggunakan Very Large Telescope (VLT) milik Organisasi Eropa untuk Penelitian Astronomi (ESO).

"Orang bisa mengatakan planet ini memperoleh hujan di malam hari, kecuali hujan besi," ujar David Ehrenreich, seorang profesor di University of Geneva di Swiss seperti melansir Science Daily, Kamis (12/3/2020).

Baca juga: Pertama Kalinya, Astronom Gunakan Gelombang Radio Deteksi Exoplanet

Profesor Ehrenreich memimpin penelitian tentang exoplanet yang eksotis ini dan diterbitkan dalam jurnal Nature.

Exoplanet raksasa, WASP 76b ini terletak sekitar 640 tahun cahaya di konstelasi Pisces.

Fenomena aneh yang terjadi pada planet ini, menurut dia, terjadi karena planet ini hanya menunjukkan satu sisi.

Sisi siangnya menghadap ke bintang induknya, sedangkan sisi malam yang lebih dingin tetap berada dalam kegelapan abadi.

Seperti Bulan pada orbitnya di sekitar Bumi, WASP-76b terkunci secara rapi, dan dibutuhkan waktu untuk memutar porosnya seperti halnya mengelilingi bintang.