[POPULER SAINS] Benarkah Jakarta Tenggelam dalam 10 Tahun? | Benarkah Siklus Covid-19 2 Bulanan?

Kompas.com - 07/10/2021, 07:31 WIB
Tangkapan layar berita populer Sains sepanjang Rabu (6/10/2021) hingga Kamis (7/10/2021) pagi. Pertanyaan tentang benarkah Jakarta tenggelam 10 tahun lagi hingga siklus dua bulanan Covid-19 dan peringatan ahli soal obat molnupiravir. Kompas.comTangkapan layar berita populer Sains sepanjang Rabu (6/10/2021) hingga Kamis (7/10/2021) pagi. Pertanyaan tentang benarkah Jakarta tenggelam 10 tahun lagi hingga siklus dua bulanan Covid-19 dan peringatan ahli soal obat molnupiravir.

KOMPAS.com - Perbincangan Jakarta tenggelam 10 tahun lagi menjadi isu hangat belakangan ini. Namun benarkah demikian?

Ini menjadi salah satu berita populer di kanal Sains Kompas.com sepanjang Rabu (6/10/2021).

Topik tentang Covid-19 juga masih banyak dibaca, utamanya tentang pertanyaan benarkah Covid-19 punya siklus 2 bulanan hingga obat molnupiravir yang bukan obat ajaib dan tidak bisa menggantikan vaksin.

Karena Indonesia sudah memasuki musim penghujan, ramalan cuaca potensi hujan juga menjadi berita populer lainnya.

Berikut rangkuman berita populer Sains sepanjang Rabu (6/10/2021) hingga Kamis (7/10/2021).

Benarkah Jakarta tenggelam 10 tahun lagi?

Prediksi Jakarta tenggelam 10 tahun lagi menjadi isu hangat yang ramai diperbincangkan beberapa waktu belakangan ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Isu ini kembali mencuat setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyinggung bahaya pemanasan global ketika berpidato di Kantor Direktur Intelijen Nasional, Selasa (27/7/2021).

Dalam pidatonya tersebut, Biden menyebutkan bahwa dampak pemanasan global bisa mencairkan es di kutub dan menaikkan permukaan air laut sehingga Jakarta tenggelam dalam 10 tahun ke depan.

Terkait persoalan ini, Profesor Riset bidang Geoteknologi-Hidrogeologi, Prof Dr Robert Delinom, dan Profesor Riset bidang Meteorologi pada Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, Prof Dr Eddy Hermawan, sama-sama sepakat bahwa pernyataan Jakarta akan tenggelam dalam waktu 10 tahun itu kurang tepat.

Menurut Robert, dalam waktu relatif dekat jika tidak segera dilakukan mitigasi, memang betul beberapa wilayah di Jakarta akan tenggelam, tetapi bukan berarti seluruh wilayah DKI Jakarta akan tenggelam seperti Atlantis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.