Kompas.com - 27/09/2021, 11:32 WIB
Ilustrasi jahe merah. SHUTTERSTOCK/MAHARANI AFIFAHIlustrasi jahe merah.

KOMPAS.com - Jahe merah adalah herbal yang banyak tumbuh di Indonesia dan Malaysia, namun sudah mulai dibudidayakan di berbagai negara.

Jahe merah sebenarnya masih satu famili dengan jahe biasa, namun memiliki kandungan minyak atsiri yang lebih banyak. Ini membuat jahe merah memiliki aroma dan rasa yang lebih tajam dari jahe biasa.

Jahe merah merupakan herbal yang terbukti memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, namun dengan efek samping yang sangat minim.

Khasiat jahe merah

1. Menurunkan berat badan

Jahe merah bisa digunakan untuk membantu menurunkan berat badan. Jahe merah membuat tubuh lebih hangat dan bisa membantu membakar lemak untuk menurunkan berat badan.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Jahe merah bisa membuat jantung lebih sehat dengan cara membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida di dalam tubuh.

3. Meredakan mual pada ibu hamil

Mual pada ibu hamil disebut juga dengan morning sickness. Biasanya gejala ini muncul pada trimester pertama. Meminum secangkir air jahe merah mampu meredakan mual saat hamil.

Baca juga: Ahli Sebut Jahe Merah Tak Sembuhkan Covid-19

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

4. Mengobati masalah pencernaan

Sejak dahulu, jahe merah dipercaya mampu menyembuhkan berbagai masalah pencernaan.

5. Meredakan sakit kepala

Rasa dan efek hangat yang ditimbulkan jahe merah akan membantu seseorang merasa lebih relaks dan nyaman. Ini merupakan salah satu khasiat jahe merah untuk meredakan sakit kepada.

6. Meningkatkan imun tubuh

Meminum air jahe merah secara rutin mampu meningkatkan imun tubuh manusia. Dengan begitu, tubuh akan lebih tahan dan tidak mudah sakit.

7. Meredakan sakit tenggorokan

Rasa hangat yang dihasilkan oleh jahe merah mampu meredakan sakit tenggorokan ketika sedang batuk atau radang tenggorokan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.