Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komodo Terancam Punah karena Perubahan Iklim, Ini Penjelasan Peneliti LIPI

Kompas.com - 07/09/2021, 18:07 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Perubahan iklim disebut menjadi salah satu ancaman besar bagi komodo. International Union for Conservation of Nature (IUCN) telah mencantumkan komodo sebagai salah satu spesies terancam punah.

Seperti diberitakan Kompas.com, Senin (6/9/2021), satwa endemik Indonesia yang mendiami Taman Nasional Komodo itu disebut semakin terancam punah oleh dampak perubahan iklim.

Di antaranya akibat dari kenaikan suhu global dan kenaikan permukaan air laut, yang diperkirakan akan mengurangi habitat komodo, setidaknya hingga 30 persen dalam 45 tahun ke depan.

Lantas, apakah perubahan iklim benar-benar menjadi ancaman besar bagi komodo?

Peneliti Herpetofauna Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr Evy Ayu Arida mengatakan status komodo yang naik dari rentan menjadi terancam punah yang dikeluarkan IUCN adalah peringatan untuk melindungi satwa ini.

Baca juga: Komodo Terancam Punah Masuk Daftar Merah IUCN, Ini Kata Peneliti LIPI

 

Seperti disampaikan IUCN bahwa perubahan iklim memberi ancaman serius terhadap keberlangsungan hidup komodo dan menyebabkan satwa ini terancam punah, menurut Evy, ada betulnya, namun tidak semuanya.

"Sejak dulu populasi komodo memang kecil. Sensus yang dilakukan beberapa lembaga, (populasi komodo) ada kecenderungan naik dan turun. Saya pikir wajar, karena tidak turun terus," kata Evy saat dihubungi Kompas.com, Senin (6/9/2021).

Berdasarkan prediksi yang dilakukan para peneliti pemodel iklim, dalam studi yang diterbitkan tahun 2020 lalu, kata Evy, menyebutkan tentang ancaman perubahan iklim terhadap habitat komodo.

"Sepintas, dari makalah studi ini menunjukkan seluruh habitat komodo akan terancam (perubahan iklim), tapi sebenarnya tidak," kata Evy.

Habitat komodo di pulau kecil terancam

IUCN menyebut komodo terancam punah karena perubahan iklim, mengenai ini Evy menjelaskan bahwa habitat komodo tersebar di pulau-pulau kecil, memang terancam oleh  pemanasan global.

Baca juga: Laporan IUCN Terbaru, Perubahan Iklim Mengancam Kehidupan Komodo

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com