Kompas.com - 05/09/2021, 12:02 WIB

KOMPAS.com - Komodo adalah kadal terbesar yang masih hidup di Bumi. Komodo liar hanya terdapat di Pulau Rinca dan beberapa pulau kecil di pesisir barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Ironisnya, habitat komodo, reptil raksasa bersisik yang mempunyai lidah bercabang itu terancam karena perubahan iklim.

Dilansir dari NPR, Minggu (5/9/2021), sebuah laporan terbaru dari organisasi konservasi keanekaragaman hayati internasional mengatakan bahwa kehidupan komodo berada di ujung kepunahan global.

Baca juga: Sejarah Kehidupan Komodo, Ahli Sebut Asalnya Justru dari Australia

Menurut Daftar Merah International Union for Conservation of Nature (IUCN), secara keseluruhuan, sekitar 28 persen dari 138.000 spesies yang dinilai untuk daftar pantauan kelangsungan hidupnya berisiko punah di alam liar karena perubahan iklim dan aktivitas manusia.

Khusus untuk penilaian komodo, populasi komodo telah berubah dari yang tadinya dikategorikan "rentan" menjadi "terancam punah."

Mengapa perubahan iklim begitu mengancam kehidupan komodo (Varanus komodoensis)?

Meningkatnya suhu global dan permukaan laut yang lebih tinggi, kata IUCN, akan mengurangi habitat komodo setidaknya 30 persen dalam 45 tahun ke depan.

"Gagasan bahwa hewan prasejarah ini telah bergerak satu langkah lebih dekat dengan kepunahan karena perubahan iklim sangat mengkhawatirkan," kata Andrew Terry, direktur konservasi Zoological Society of London.

Komodo adalah hewan asli Indonesia dan hanya hidup di Taman Nasional Komodo, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO, serta pulau Flores di dekatnya.

“Kendati subpopulasi di Taman Nasional Komodo saat ini stabil dan terlindungi dengan baik, komodo di luar kawasan lindung di Flores juga terancam oleh hilangnya habitat yang signifikan karena aktivitas manusia yang sedang berlangsung,” kata laporan itu.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber NPR,Aljazeera
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.