Kompas.com - 02/08/2021, 13:02 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri pasien Covid-19, menjaga kesehatan mental selama menjalani isolasi mandiri (isoman). FREEPIKIlustrasi isolasi mandiri pasien Covid-19, menjaga kesehatan mental selama menjalani isolasi mandiri (isoman).

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan pada Kamis (22/7/2021) bahwa kesehatan mental bisa menjadi dampak berkepanjangan dari pandemi Covid-19.

Hal ini mendukung apa yang disampaikan para ahli di banyak negara terkait perlunya tindakan nyata untuk menangani kecemasan dan stres terkait Covid-19.

"Kesehatan mental semua orang bisa terpengaruh dengan satu atau banyak cara," kata WHO dalam sebuah acara di Athena yang dihadiri menteri kesehatan dari puluhan negara.

Dikatakan WHO, kecemasan atau stres seputar penularan virus dan dampak psikologis dari lockdown dan isolasi diri telah berkontribusi pada krisis kesehatan mental.

Hal ini juga tidak lepas dari faktor stres terkait pengangguran, kekhawatiran keuangan, dan pembatasan sosial.

Baca juga: WHO: Varian Delta Tidak Secara Khusus Menargetkan Anak-anak

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dampak kesehatan mental dari pandemi ini akan berjangka panjang dan berjangkauan luas," tambah pernyataan itu seperti dilansir Medical Xpress, Kamis (22/7/2021).

Direktur regional WHO untuk Eropa Hans Kluge mengatakan, kesehatan mental harus dianggap sebagai hak asasi manusia yang mendasar. Dia menekankan bagaimana virus itu telah menghancurkan kehidupan.

"Pandemi telah mengguncang dunia," katanya dalam konferensi tersebut.

"Lebih dari 4 juta nyawa hilang secara global, mata pencaharian hancur, keluarga dan komunitas terpisah, bisnis bangkrut, dan orang kehilangan kesempatan."

Untuk diketahui, hingga Senin (2/8/2021) pagi, Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 199 juta orang di seluruh dunia dan 4,2 juta nyawa melayang karenanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.