Kompas.com - 12/06/2021, 10:02 WIB
Gambar belenggu yang ditemukan terpasang di kaki pergelangan kaki seorang budak. Temuan kerangka ini menunjukkan bukti adanya praktik perbudakan di Inggris di masa pemerintahan Britain Romawi. MOLA via LIVE SCIENCEGambar belenggu yang ditemukan terpasang di kaki pergelangan kaki seorang budak. Temuan kerangka ini menunjukkan bukti adanya praktik perbudakan di Inggris di masa pemerintahan Britain Romawi.


KOMPAS.com- Pada 2015 yang lalu pekerja konstruksi menemukan kerangka tanpa kepala terbelenggu besi, di Great Casterton, sebuah desa di wilayah East Midlands, Inggris.

Namun tak hanya dalam kondisi terpenggal, kerangka yang dikuburkan itu juga menggunakan belenggu besi yang tergembok pada pergelangan kakinya.

Hal tersebut menjadi temuan yang cukup menarik di dunia arkeologi dan mengundang rasa penasaran para peneliti.

Dalam studi baru, peneliti akhirnya kini berhasil menganalisa sisa-sisa kerangka tersebut dan mengungkap beberapa misteri dari kerangka terbelenggu itu.

Baca juga: Tak Biasa, 17 Kerangka Terpenggal Berusia 1.700 Tahun Ditemukan di Inggris

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengutip Live Science, Jumat (11/6/2021) peneliti menemukan bahwa kerangka pria yang meninggal lebih dari 1500 tahun lalu merupakan kandidat terbaik dari sisa-sisa orang yang diperbudak di Inggris.

Di masa itu, wilayah ini berada di bawah kendali Romawi atau disebut Britania Romawi.

Arkeolog menduga bahwa seseorang mengubur mayat pria itu dengan belenggu untuk merendahkannya dan mungkin untuk menunjukkan bahwa pria itu diperbudak.

Sementara catatan tertulis menunjukkan bahwa perbudakan dipraktikkan di seluruh Kekaisaran Romawi, pada kenyataannya arkeolog justru jarang menemukan bukti langsung perbudakan.

 

Sehingga temuan ini menjadi pemakaman pertama di Inggris era Romawi yang masih menyimpan kerangka yang terbelenggu oleh belenggu besi di pergelangan kakinya.

Baca juga: Pemindaian Kerangka Ungkap Kanker Umum Terjadi di Abad Pertengahan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X