Kompas.com - 22/05/2021, 13:02 WIB
Ilustrasi jalan kaki SHUTTERSTOCKIlustrasi jalan kaki
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Bagi seseorang yang bukan atlet, yang berolahraga hanya untuk kepentingan kesehatan, berolahraga di tempat gym bukan selalu pilihan yang tepat.

Selain berjalan di treadmill atau sepeda statis, ada banyak aktivitas olahraga lain yang juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Beberapa aktivitas fisik terbaik pun tidak memerlukan gym. Aktivitas fisik tersebut akan membantu menjaga berat badan, meningkatkan keseimbangan tubuh, memperkuat tulang, melindungi persendian, dan sebagainya.

Berlaku untuk segala usia, berikut adalah 5 olahraga terbaik menurut sains, dikutip dari Harvard Health Publishing, 12 April 2021.

1. Berenang

Ketika berenang, daya apung air akan menopang tubuh dan menghilangkan ketegangan sendi sehingga sendi dapat digerakkan dengan lebih leluasa.

Baca juga: 5 Olahraga untuk Wanita 40 Tahun Ke Atas, Agar Tetap Sehat dan Bugar

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dr. Min Lee, profesor kedokteran di Harvard Medical School, mengatakan bahwa berenang adalah olahraga yang baik untuk penderita arthritis.

Penelitian juga telah menemukan bahwa berenang dapat meningkatkan kondisi kesehatan mental dan memperbaiki suasana hati.

2. Tai chi

Seni bela diri asal Tiongkok, Tai Chi, merupakan olahraga terbaik yang menggabungkan antara gerakan dan relaksasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X