Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cukup Olahraga 12 Menit Sehari untuk Melindungi Tubuh dari Penyakit

Kompas.com - 18/11/2020, 13:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat semua orang harus beraktivitas dan tinggal di rumah. Sehingga, sulit pergi ke luar rumah untuk berolahraga.

Apalagi, olahraga di tempat tertutup seperti gym tidak disarankan, karena ruang tertutup meningkatkan risiko penyebaran virus corona.

Semakin lama tinggal di rumah, semakin hilang motivasi diri untuk berolahraga. Ini adalah hal yang normal terjadi.

Baca juga: Olahraga di Rumah Terbaik untuk Bakar Lemak dan Turunkan Berat Badan

Namun demikian, sebaiknya Anda tetap memaksakan diri untuk mulai bergerak dan berolahraga kembali.

Kabar baiknya, penelitian terbaru menemukan, hanya dengan sedikit waktu berolahraga dapat membuat perbedaan besar pada kesehatan tubuh.

Olahraga tak selalu harus di tempat khusus, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah atau berjalan kaki dan berlari di sekitar perumahan dengan menjaga jarak.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Circulation mengungkap, bahwa olahraga singkat dapat meningkatkan kesehatan secara signifikan dengan mengubah tingkat metabolit tubuh.

Metabolit adalah produk dari metabolisme, yang berpengaruh langsung pada tumbuh kembang manusia dan fungsi ekologi dalam tubuh.

Melansir IFL Science, studi tersebut menjelaskan bagaimana hanya dengan 12 menit latihan kardio yang intens dapat mengubah lebih dari 80 persen metabolit yang beredar, yang dapat memengaruhi kesehatan kardiometabolik dan kardiovaskular seseorang dalam jangka panjang.

Studi tersebut mengamati tingkat 588 metabolit yang beredar pada 411 pria dan wanita paruh baya sebelum dan segera setelah melakukan olahraga berat selama 12 menit.

Hasilnya menunjukkan, perubahan yang menguntungkan dalam beberapa metabolit yang diketahui terkait dengan penyakit jantung, diabetes, dan penyakit hati.

Temuan mereka juga mengungkapkan bahwa manfaat ini dipengaruhi lebih dari sekadar rutinitas olahraga mereka, karena jenis kelamin dan pengukuran massa tubuh juga terlibat dalam rasio metabolit.

Baca juga: 4 Anggapan Masyarakat tentang Olahraga, dan Faktanya Menurut Dokter

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com