Kompas.com - 11/04/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi orang tua olahraga RidofranzIlustrasi orang tua olahraga

KOMPAS.com - Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan. Namun kadang kala, usia menjadi alasan orang merasa mereka tidak perlu repot-repot berolahraga. Padahal, usia tidak menjadi penghalang untuk melakukan olahraga.

Seiring bertambahnya usia terutama pada wanita, mereka lebih rentan terhadap penyakit dan nyeri kronis seperti penyakit jantung dan osteoporosis.

Dan perlu diketahui bahwa jarang melakukan aktivitas fisik dapat menjadi penyebab dan dapat meningkatkan risiko penyakit tidak menular seperti diabetes, osteoporosis, hipetensi, stroke hingga kanker.

Lalu, bagaimana cara dan tips berolahraga yang nyaman dan cocok bagi wanita usia 40 tahunan?

Baca juga: Simak 7 Cara Tetap Aman Olahraga di Tengah Pandemi Covid-19

Tips olahraga untuk wanita di atas 40 tahun

1. Bersikaplah santai

Dilansir Healthline, Rabu (10/9/2020) sebenarnya Anda tidak perlu berolahraga selama berjam-jam setiap hari. Cobalah jalan cepat selama 30 menit sehari, 5 hari seminggu.

Jika Anda memiliki lebih sedikit waktu tetapi dapat melakukan latihan yang lebih intens, seperti jogging atau lari, CDC mengatakan 75 menit per minggu sudah cukup dan semua itu hanya 15 menit per hari.

2. Latihan kekuatan

Wanita memiliki faktor risiko menderita osteoporosis lebih tinggi daripada pria, dan 1 dari 3 wanita di atas 50 tahun akan mengalami patah tulang karena kondisi tersebut.

Meskipun latihan kekuatan tampak menakutkan dan tidak aman, tetapi penelitian menunjukkan bahwa latihan kekuatan sebenarnya membantu meningkatkan kekuatan dan keseimbangan wanita yang sudah menderita osteoporosis.

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X