Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tumbuh Kembang Anak Kembar, Studi Ungkap Lebih Lambat Bicara

Kompas.com - 11/05/2021, 20:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com- Baru-baru ini, sebuah studi menemukan bahwa perkembangan gerak tubuh dan bicara pada anak kembar cenderung lebih lambat. Peran orang tua dinilai dapat mendorong perkembangan awal tumbuh kembang anak kembar.

Studi yang dilakukan para peneliti di Georgia State University, Atlanta, Amerika Serikat menunjukkan bahwa gerakan tubuh, seperti menujuk atau melambai, pada anak kembar, perkembangannya jauh lebih lambat dibandingkan anak biasa.

Dua studi psikologi dari universitas ini menunjukkan juga bahwa anak kembar menghasilkan lebih sedikit gerakan dibandingkan anak-anak lain. Hal itu diungkapkan Seyda Ozcaliskan, profesor di Departemen Psikologi di Georgia State University, seperti dilansir dari Phys, Selasa (11/5/2021).

Dalam berbicara, penggunaan bahasa juga cenderung tertinggal pada anak kembar. Hal ini juga dipengaruhi oleh jenis kelamin, sebab, kata Ozcaliskan, anak perempuan cenderung memiliki kinerja lebih baik daripada anak laki-laki.

Baca juga: Kelahiran Anak Kembar di Dunia Terus Meningkat, Apa Penyebabnya?

 

"Implikasinya sangat menarik. Ini menunjukkan bahwa gerak tubuh dan ucapan (dalam tumbuh kembang anak kembar) berjalan seiring perkembangan awal anak kembar. Ketika yang satu tertinggal, maka begitu pula kembarannya," jelas dia.

Studi ini juga menemukan bahwa keterlambatan gerak tubuh dapat menjadi ladasan untuk memprediksi kelambatan dalam berbicara di masa tumbuh kembang anak kembar.

Pada saat yang sama, banyak isyarat yang menunjukkan bahwa proses perkembangan bicara sedang dalam proses.

Kendati demikian, studi menyarankan bahwa orang tua dapat membantu mempercepat penguasaan bahasa anak-anak mereka dengan menamai objek yang mereka isyaratkan.

Kelambatan gerakan di antara anak kembar mungkin terjadi karena peran stimulus dari orang tua yang lebih rendah di masa tumbuh kembang mereka, kata Ozcaliskan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Kehamilan Anak Kembar Dipengaruhi Posisi Bercinta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com