Kompas.com - 11/05/2021, 19:02 WIB
OSIRIS-REx akan menjadi misi Amerika Serikat pertama yang membawa sampel dari asteroid kembali ke Bumi. Pada 2019, OSIRIS-Rex NASA mendekati asteroid 1999 RQ36, atau asteroid Bennu, dan mulai memetakan permukaan asteroid untuk mengambil sampel. Setelah mengumpulkan sampel, pesawat ruang angkasa OSIRIS-Rex akan kembali ke Bumi pada tahun 2023. NASAOSIRIS-REx akan menjadi misi Amerika Serikat pertama yang membawa sampel dari asteroid kembali ke Bumi. Pada 2019, OSIRIS-Rex NASA mendekati asteroid 1999 RQ36, atau asteroid Bennu, dan mulai memetakan permukaan asteroid untuk mengambil sampel. Setelah mengumpulkan sampel, pesawat ruang angkasa OSIRIS-Rex akan kembali ke Bumi pada tahun 2023.


KOMPAS.com- OSIRIS-REx adalah pesawat ruang angkasa milik badan antariksa nasional Amerika Serikat (NASA) yang dikirim untuk misi ke asteroid Bennu. Saat ini, pesawat tersebut mulai tinggalkan asteroid Bennu dan mulai menuju pulang ke Bumi.

Dilansir Reuters, Selasa (11/5/2021), OSIRIS-REx NASA sedang menyelesaikan misi di asteroid Bennu.

Asteroid Bennu adalah salah satu asteroid besar, berukuran setara gedung pencakar langit di Bumi.

Berdasarkan survei permukaannya, ukuran asteroid Bennu bisa mencapai sekitar 200 juta mil atau 320 juta km di Bumi.

Baca juga: Pesawat Ruang Angkasa ESA Terbang di Atas Kawah Es Mars, Ini Penampakannya

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam misi OSIRIS-REx, NASA mencoba mengumpulkan sampel debu dan batuan dari asteroid Bennu lalu membawanya saat pesawat ruang angkasa ini pulang ke Bumi.

Di ruang kendali, para staf NASA merayakan kembalinya OSIRIS-REx di Colorado. Pesawat luar angkasa ini mulai melaju dan menjauh dari permukaan asteroid tersebut.

Asteroid Bennu diyakini dapat memberi wawasan dan pengetahuan tentang masa-masa awal Tata Surya kita.

Pendaratan pertama pesawat antariksa OSIRIS-REx NASA di permukaan asteroid Bennu adalah pada tahun 2018.

Setelah menyelesaikan misinya di asteroid Bennu, untuk kembali ke Bumi, pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx NASA tersebut akan menempuh waktu yang cukup lama, yakni sekitar dua tahun.

Baca juga: Pesawat Ruang Angkasa Hope Makin Dekati Mars, Bangsa Arab Siap Ukir Sejarah

Halaman:


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X