Kompas.com - 04/05/2021, 16:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Lokasi pendaratan Mars yang potensial mungkin merupakan gletser yang tertutup puing-puing.

Studi baru menemukan, fitur berliku-liku aneh di dataran datar yang dikenal sebagai Arcadia Planitia memiliki kemiripan yang mencolok dengan aliran es di dalam lapisan es di Antartika.

Jika fitur itu benar-benar gletser seperti di Antartika, ini mungkin akan menjadi misi berawak - mengirim manusia - untuk menyelidiki wilayah di Planet Merah itu.

Tempat itu sudah menarik minat SpaceX dan NASA karena merupakan dataran datar yang luas, yang ideal untuk pendaratan pesawat ruang angkasa.

Baca juga: Astronot Meninggal di Luar Angkasa, NASA Rencanakan Pemakaman Ekologis untuk Astronot

Jika ada es yang tidak terlalu dalam di bawah permukaan dataran, astronot juga bisa mendapatkan sumber air dengan mudah.

"Fitur seperti aliran yang baru ditemukan itu aneh karena terjadi di medan datar," kata pemimpin studi Shannon Hibbard, seorang mahasiswa doktoral di University of Western Ontario di Kanada.

"Ada banyak bukti bahwa ini adalah daerah yang kaya es, tapi kami tidak mendapatkan bantuan topografi yang besar yang terjadi di tempat yang berliku-liku ini," kata Hibbard dilansir Live Science, Senin (3/5/2021).

Misteri alam

Arcadia Planitia berada di dataran rendah utara Mars.

Dalam 3 miliar tahun terakhir, aliran lava aktif merambat di wilayah ini, sehingga kawah jauh lebih sedikit dibandingkan dengan bagian lain di planet merah.

Data yang dikumpulkan dari orbit selama bertahun-tahun menunjukkan bahwa tanah di wilayah tersebut kaya akan hidrogen.

Karena air terbuat dari molekul hidrogen dan oksigen, hidrogen ini menunjukkan keberadaan es air tepat di bawah permukaan.

Selama beberapa dekade, para ilmuwan telah memperhatikan fitur-fitur di Mars yang terlihat seperti es.

Di samping perbukitan rendah, terdapat apron puing-puing yang disebut fitur lobate karena bentuknya yang terlihat seperti aliran gletser yang tertutup lapisan batuan tipis.

Ada juga pola lurik di parit yang terlihat mirip dengan gletser yang mengalir melalui lembah di Bumi.

"Fitur serupa terjadi di Arcadia Planitia," kata Hibbard.