Kompas.com - 04/05/2021, 13:02 WIB
Ilustrasi dokter melihat gambar X-ray tulang belakang. Kasus peradangan tulang belakang langka yang terkait Covid-19 meningkat selama pandemi. SHUTTERSTOCK/Viacheslav NikolaenkoIlustrasi dokter melihat gambar X-ray tulang belakang. Kasus peradangan tulang belakang langka yang terkait Covid-19 meningkat selama pandemi.

KOMPAS.com - Kondisi sangat langka yang menyebabkan peradangan materi abu-abu dan putih di sumsum tulang belakang telah ditemukan sebagai komplikasi neurologis Covid-19 yang tidak terduga.

Dikenal sebagai myelitis transversal akut, biasanya kondisi ini dialami 1,34 hingga 4,6 kasus per juta orang setiap tahun. Hal ini membuat myelitis transversal akut menjadi penyakit yang sangat langka.

Namun, selama pandemi COVID-19, para peneliti memperhatikan peningkatan kasus.

Dalam sebuah studi baru, yang dilaporkan dalam jurnal Frontiers in Immunology, para ilmuwan di Houston Methodist Hospital meninjau sejumlah studi yang meneliti kaitan ini dan menemukan kasus myelitis transversal akut pada 43 pasien COVID-19 dari 21 negara berbeda.

Baca juga: Tsunami Covid-19 di India Mengkhawatirkan Vaksinasi Dunia, Kok Bisa?

Mereka mencatat bahwa peningkatan kasus ini tidak terduga dan terjadi di level global.

Selain itu, para peneliti menemukan tiga kasus myelitis transversal akut di antara peserta uji klinis vaksin Oxford-AstraZeneca.

Dilansir IFL Science, Rabu (28/4/2021), usia pasien yang diteliti dalam makalah tersebut berkisar antara 21 hingga 73 tahun. Mayoritas pasien yang diteliti berusia lebih dari 44 tahun.

Mereka menemukan, kondisi peradangan tulang belakang langka itu dialami oleh pria dan wanita pada tingkat yang kira-kira sama.

Tim peneliti juga menemukan, setidaknya ada 13 kasus di kalangan dewasa muda dan tiga kasus pada anak-anak.

Gejala myelitis transversal akut biasanya meliputi nyeri, masalah sensorik, dan kelemahan, serta masalah kandung kemih dan usus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X