Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fans Ikatan Cinta Serang Akun Instagram Istri Arya Saloka, Ini Kata Psikolog

Kompas.com - 26/04/2021, 12:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Penggemar suatu drama acapkali terlalu terbawa suasana, hingga mencampuradukkan dunia pribadi dan yang ada di film atau drama.

Sebagai contoh, dulu saat serial drama Korea The World of the Married tayang, Han So Hee yang memerankan Yeo Da Kyung - tokoh perebut suami orang - mendapat cibiran karena acting-nya.

Bukan hanya di Korea, dia pun mendapat komentar pedas dari tangan netizen di Indonesia.

Terbaru yang sedang banyak ditonton masyarakat Indonesia adalah sinetron Ikatan Cinta yang mengaduk emosi para penonton.

Baca juga: Sinetron Ikatan Cinta, Kenapa Kita Menangis Bersama Andin? Sains Jelaskan

Bukan cuma mengaduk emosi saat menontonnya, penonton bahkan terbawa suasana hingga masuk dalam ranah pribadi para pemain.

Dalam unggahan instagram akun @lambe_turah, terlihat banyak warganet membanjiri kolom komentar Putri Anne Saloka, istri Arya Saloka yang memainjan Aldebaran.

Para penggemar fanatir Ikatan Cinta bahkan berani mendoakan rumah tangga Arya Saloka dan Putri Anne berakhir agar pemeran Aldebaran itu bisa memiliki hubungan dengan Amanda Manopo (pemeran Andin) di kehidupan nyata.

Lantas, kenapa penggemar fanatik sampai nekat mengirim komentar seperti itu? Apakah netizen tidak bisa membedakan mana kehidupan nyata dan acting?

Menjawab pertanyaan ini, Gracia Ivonika, M.Psi, psikolog dari Personal Growth angkat bicara.

Gracia mengatakan, pada dasarnya belum tentu penggemar fanatik tidak bisa membedakan film dan dunia nyata.

"Hanya saja emosi mereka terbawa dalam cerita film yang ditonton, sehingga ada dorongan untuk menyalurkan emosinya tersebut," katanya kepada Kompas.com, Minggu (25/4/2021).

Sebagai contoh, karena merasa kesal dengan tokoh antagonis dalam film, akhirnya mereka terdorong untuk meluapkannya di akun asli artis tersebut.

"Hal ini bisa saja hanya dilakukan untuk pemuasan penyaluran emosi sesaat," imbuh dia.

Baca juga: Sinetron Ikatan Cinta Bikin Sedih, Ini 3 Manfaat Menontonnya Menurut Sains

Terlepas dari alasan seseorang melakukan hal tersebut, perlu diingat soal kebijakan dlm menggunakan media sosial, sebelum meninggalkan komentar di akun media seseorang.

Bukan hanya meninggalkan jejak di kolom komentar artis atau tokoh publik, tetapi siapa pun.

"Kita perlu sama-sama belajar membiasakan diri untuk menanyakan kembali kepada diri kita sendiri, apakah komentar ini perlu atau tidak perlu, baik atau tidak baik untuk disampaikan, sebelum melakukannya," tutup Gracia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com