Kompas.com - 20/04/2021, 07:00 WIB
Kota medan Travel Kompas.comKota medan

KOMPAS.com - Kota Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah DKI Jakarta dan Surabaya. Ini artinya, Medan menjadi kota terbesar di luar pulau Jawa.

Berbatasan dengan Selat Malaka, Medan menjadi kota perdagangan, industri, dan bisnis yang sangat penting di Indonesia.

Pada zaman dahulu, Kota Medan dikenal dengan nama Tanah Deli karena keadaan tanahnya berawa-rawa kurang kebih seluas 4000 Hektar.

Asal-usul nama Kota Medan sendiri berasal dari kata Tamil Maidhan atau Maidhanam yang berarti tanah lapang atau tempat yang luas, yang kemudian teradopsi ke bahasa Melayu.

Baca juga: Asal-usul Nama Magelang, Taktik Pangeran Purbaya Mengepung Jin

Dilansir dari laman resmi Dinas Pariwisata Kota Medan, dalam bahasa Melayu arti kata Medan berarti tempat luas untuk berkumpul.

Sejak zaman dahulu, Kota Medan memang mejadi tempat bertemunya penduduk dari berbagai tempat, seperti Hamparan Perak, Suka Piring, dan daerah lain utuk berdagang.

Dalam riwayat Hamparan Perak yang dokumen aslinya ditulis dalam huruf Karo, tercatat bahwa seorang tokoh Karo, Guru Patimpus, merupakan orang yang pertama kali membuka 'desa' yang diberi nama Medan.

Guru Patimpus Sembiring Pelawi kemudian pada tahun 1590 dipandang sebagai pembuka sebuah kampung yang bernama Medan Puteri.

Pada awal perkembangannya, Medan merupakan sebuah perkampungan kecil yang dinamakan 'Medan Putri' yang terletak di pertemuan Sungai Deli dan Sungai Babura, tidak jauh dari jalan putri hijau yang sekarang.

Kedua sungai tersebut dahulu kala merupakan jalur lalu lintas yang ramai dan inilah cikal bakal Kota Medan cepat berkembang menjadi pelabuhan transit yang penting.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X