Kompas.com - 12/03/2021, 16:33 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19, vaksin India, vaksin buatan India, vaksin virus corona India. Dua vaksin corona India menuai kontroversi. SHUTTERSTOCK/PalSandIlustrasi vaksin Covid-19, vaksin India, vaksin buatan India, vaksin virus corona India. Dua vaksin corona India menuai kontroversi.

KOMPAS.com - Hasil survei terbaru dari Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan, sekitar separuh kaum muda di Indonesia masih belum bersedia dan ragu untuk divaksinasi Covid-19.

Survei yang dilakukan secara online dari tanggal 13-16 Februari 2021 ini diikuti oleh 5.963 responden dari 34 provinsi di Indonesia. 62 persennya adalah laki-laki dan 38 persennya perempuan.

Para partisipan lantas dibagi menjadi beberapa kelompok usia atau generasi, yaitu Generasi Z sebanyak 29,6 persen, Generasi Y sekitar 57,8 persen, Generasi X sebanyak 11,6 persen dan Baby Boomer sekitar 1 persen.

Manajer Riset Katadata Insight Center (KIC), Vivi Zabkie, menyebutkan bahwa semakin muda usia, jumlah responden yang belum bersedia divaksinasi semakin meningkat.

Baca juga: 3 Alasan Masyarakat Tidak Perlu Ragu Vaksin Covid-19 jika Izin BPOM Keluar

Berikut rinciannya:

1. Generasi Y (usia 23-38 tahun) 

Mereka yang masuk dalam kelompok Generasi Y  juga dikenal dengan kelompok milenial. Dalam survei ini ada sebanyak 45,9 persen responden yang belum bersedia divaksinasi.

Dengan rincian sekitar 33,7 persen belum memutuskan dan 12,2 persen lainnya menolak untuk divaksinasi Covid-19.

2. Generasi Z (usia 19-22 tahun)

Pada kelompok Generasi Z, semakin banyak yang tidak mau divaksin, yakni mencapai 51,7 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X