3 Alasan Masyarakat Tidak Perlu Ragu Vaksin Covid-19 jika Izin BPOM Keluar

Kompas.com - 11/01/2021, 12:32 WIB
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (shutterstock). Kompas.COM/MUHAMMAD NAUFALIlustrasi Vaksin Covid-19 (shutterstock).

KOMPAS.com - Ahli mengingatkan bahwa jika Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) telah mengeluarkan izin penggunaan vaksin Covid-19, maka masyarakat tidak perlu khawatir tentang keamanannya.

Hal ini disampaikan oleh Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Prof Dr dr Cissy Kartasasmita SpA(K) MSc melalui Tim Komunikasi Publik Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Minggu (10/1/2021).

Pernyataan Profesor Cissy ini dikeluarkan melihat hasil survei terakhir dari Kementerian Kesehatan, Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Indonesia Techincal Advisory Group for Immunization (ITAGI).

Hasil survei terakhir tersebut menunjukkan, masih ada sekitar 27,6 persen masyarakat ragu untuk menerima vaksin karena beberapa alasan.

"Penyebabnya adalah mereka meragukan keamanannya," kata Profesor Cissy.

Baca juga: BPOM Jelaskan Perkembangan Vaksin Covid-19 dari Keamanan, Khasiat dan Mutu

Berikut 3 alasan masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan vaksin Covid-19 jika izin BPOM telah keluar:

1. Lolos uji klinik

Profesor Cissy yang sekaligus Ketua Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)  menjelaskan bahwa dalam proses produksi vaksin jenis apapun, termasuk Covid-19 ini, produk tersebut harus lolos di uji tahap awal sebelum lanjut ke tahap berikutnya.

"Kalau saat uji praklinik saja tidak aman, tidak akan bisa dilanjutkan sampai fase uji klinik berikutnya. Jadi, ketika nanti Badan POM mengeluarkan izin penggunaan, vaksin Covid-19 sudah pasti aman," jelasnya.

"Mutu dan keamanan vaksin Covid-19 ini tidak perlu diragukan lagi, karena sudah melalui fase uji klinik 1 dan 2," imbuhnya.

Baca juga: Apa Syarat BPOM Bisa Terbitkan Izin Vaksin Covid-19?

2. Izin penggunaan darurat vaksin (EUA) tidak sembarangan

Profesor Cissy juga menegaskan bahwa untuk mengeluarkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA), pemangku kebijakan tidak bisa melakukannya dengan sembarangan.

Halaman:
Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.