Kompas.com - 12/03/2021, 13:02 WIB
Ilustrasi asteroid dekat Bumi. SHUTTERSTOCK/Dima ZelIlustrasi asteroid dekat Bumi.

KOMPAS.com - Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) mengumumkan, asteroid terbesar yang melewati Bumi tahun ini akan mendekat dalam jarak 2 juta kilometer pada 21 Maret 2021.

Asteroid itu bernama 2001 F032. Diameternya sekitar 914 meter, sekitar 3 kali menara Eiffel, dan ditemukan 20 tahun lalu.

NASA mengatakan, fenomena ini akan memungkinkan para astronom melihat asteroid tersebut dari dekat.

"Kami mengetahui jalur orbit 2001 FO32 mengelilingi Matahari dengan sangat akut. Tidak ada kemungkinan asteorid akan lebih dekat dengan Bumi, lebih dari 2 juta kilometer," kata Paul Chodas, Direktur Pusat Studi Obyek Dekat Bumi NASA.

Baca juga: 6 Fakta Asteroid Apophis yang Melintas Bumi, Bisa Menghantam Bumi 195.000 Tahun Sekali

Dilansir AFP, Kamis (11/3/2021), saat asteroid 2001 F032 berada di titik terdekat dengan Bumi - 2 juta kilometer -, itu kira-kira 5,25 kali jarak Bumi dengan Bulan.

Jarak ini cukup dekat sehingga asteroid 2001 F032 masih diklasifikasikan sebagai asteroid yang berpotensi berbahaya.

NASA mengatakan, 2001 F032 akan lewat dengan kecepatan 77.000 mil per jam. Ini lebih cepat dari kecepatan kebanyakan asteroid yang menghantam Bumi.

"Saat ini, sedikit yang diketahui tentang obyek ini. Jadi jaraknya yang sangat dekat (dengan Bumi) memberikan kesempatan luar biasa untuk mempelajari banyak hal tentang asteroid ini," kata Lance Benner, ilmuwan utama di Jet Propulsion Laboratory NASA.

NASA berharap, para astronom bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang ukuran asteroid dan gambaran kasar komposisinya dengan mempelajari cahaya yang dipantulkan dari permukaannya.

"Ketika sinar matahari menghantam permukaan asteroid, mineral di batuan menyerap beberapa panjang gelombang sambil memantulkan yang lain," kata NASA.

Sumber AFP

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.